TAU PERBEDAAN ANTARA TITIK AKSES DAN ROUTER???

Posted by : TOKO ZOOM / On : Rabu,22 Februari 2023 / Comments : 0 / Views : 1009

Perbedaan Antara Titik Akses dan Router

Kemajuan teknologi komputer yang luar biasa cepat telah membawa banyak perangkat, peralatan, dan gadget kepada umat manusia. Faktanya, ada begitu banyak jenis dan kategori peralatan komputer sehingga konsumen biasa sangat mudah bingung dengan seluk-beluk setiap perangkat atau gadget. Masih banyak menjadi yang menjadi banyak pertanyaan adalah apa perbedaan antara titik akses dan router. Perbedaan mendasar antara kedua perangkat ini cukup sederhana, tetapi ada perbedaan kecil lainnya, namun tetap penting.Apa itu Router? Router adalah perangkat jaringan yang melayani dua fungsi utama: (1) menghubungkan beberapa komputer, ponsel, tablet, atau perangkat lain untuk membentuk jaringan area lokal terkelola, dan (2) menyediakan akses Internet ke semua perangkat yang kompatibel yang terhubung ke router.

Jaringan area lokal (LAN) dapat diatur hanya dengan menggunakan router dan menghubungkan satu atau beberapa perangkat ke router tersebut. Router modern memungkinkan pengguna untuk menghubungkan perangkat baik melalui kabel Ethernet atau secara nirkabel (menggunakan Wi-Fi).

Namun, agar router dapat mendistribusikan dan mengirimkan data ke perangkat dalam jaringan area lokal, router harus terhubung ke peralatan tempat pelanggan penyedia layanan Internet melalui kabel Ethernet.

Apa itu Titik Akses? Titik akses adalah perangkat jaringan nirkabel yang bertindak sebagai portal untuk perangkat untuk terhubung ke jaringan area lokal. Titik akses digunakan untuk memperluas jangkauan nirkabel dari jaringan yang ada dan untuk meningkatkan jumlah pengguna yang dapat terhubung dengannya.

Kabel Ethernet berkecepatan tinggi berjalan dari router ke titik akses, yang mengubah sinyal kabel menjadi nirkabel. Konektivitas nirkabel biasanya merupakan satu-satunya pilihan yang tersedia untuk titik akses, membuat tautan dengan perangkat akhir menggunakan Wi-Fi.

Fungsi Lainnya. Selain menyediakan platform untuk berbagai perangkat untuk berkomunikasi satu sama lain, router juga memiliki fungsi perlindungan firewall dan kata sandi. Ini memastikan bahwa perangkat nirkabel yang terhubung terlindung dari segala ancaman yang mungkin timbul dari luar jaringan area lokal.

Perbedaan Utama. Router bertindak sebagai hub yang mengatur jaringan area lokal dan mengelola semua perangkat dan komunikasi di dalamnya. Titik akses, di sisi lain, adalah sub-perangkat dalam jaringan area lokal yang menyediakan lokasi lain untuk menghubungkan perangkat dan memungkinkan lebih banyak perangkat berada di jaringan.

Router nirkabel dapat berfungsi sebagai titik akses, tetapi tidak semua titik akses dapat berfungsi sebagai router. Sementara router mengelola jaringan area lokal, berkomunikasi dengan sistem jaringan luar, memperoleh, mendistribusikan, dan mengirim data ke berbagai arah, menetapkan titik konektivitas, dan memastikan keamanan, titik akses biasanya hanya menyediakan akses ke jaringan yang dibuat router.

Mana yang lebih baik? Jawaban atas pertanyaan mana yang lebih baik? adalah bahwa hal itu tergantung pada kebutuhan. Untuk rumah dan bisnis kecil, router mungkin merupakan solusi optimal (jika bukan yang terbaik), sementara perusahaan dan organisasi menengah hingga besar pasti membutuhkan jaringan titik akses dan sakelar.

Sources : https://www.ligowave.com/difference-between-access-point-and-router#:~:text=Main%20Differences.,to%20be%20on%20the%20network.

 


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *