Your Trusted Partner

Rekomendasi Spesifikasi Minimal Untuk PC Gaming!

Posted by : TOKO ZOOM / On : Jumat,15 Juli 2022 / Comments : 0 / Views : 346

Ada banyak sekali faktor yang bisa dipertimbangkan sebelum menentukan PC Gaming terbaik. Apalagi ketika kita sesuaikan dengan budget dan kebutuhan kita masing-masing. Pertimbangan lain adalah jenis game yang ingin kita mainkan pasti punya spesifikasinya masing-masing.

Kami disini coba rekomendasikan spesifikasi minimal untuk PC gaming biar kalian semua bisa bermain game dengan oke banget!. Nah, setelah membaca artikel ini, semoga kalian punya bayangan untuk menentukan Spesifikasi PC Gaming idaman. Selain CPU, GPU, dan RAM, masih banyak fitur-fitur lain yang perlu kalian tau untuk memastikan experience main jadi makin asik dan lancar tanpa lag.

Komponen Inti (CPU, GPU, RAM, Penyimpanan, Sistem Operasi)

Kalo mau spesifikasi PC gaming yang high-tech alias canggih, kalian harus pastikan dulu kalau komponen intinya udah punya kapasitas yang cukup. Apa sih komponen inti itu? Ya bisa dibilang komponen-komponen utama yang bakal bikin PC kalian punya performa tinggi. Komponen-komponen ini adalah:

  • CPU (Central Processor Unit)

  • GPU (Graphic Processing Unit)

  • RAM (Random Access Memory)

  • OS (Operating System)

Kita akan bedah sedikit tentang kegunaan masing-masing komponen inti ini. CPU itu ibaratnya otak dari PC, kalian tidak bisa punya specs canggih tapi CPU-nya ketinggalan. Pasti akan nge-lag atau bahkan bisa saja CPU kalian terbakar, karena overheat. Minimal kalian harus pake CPU sekelas intel i5 atau lebih baik untuk bisa memainkan game dengan lancar. Setelah itu, pastikan kalian pake GPU dan RAM yang punya spek tinggi juga. GPU berfungsi untuk mendapatkan resolusi yang halus dan tajam, sedangkan RAM berfungsi untuk memudahkan operasi agar tidak lagging. Kalian bisa pake sekelas Nvidia Gen 10 dan RAM minimal 8GB DDR4. Kalian juga harus pastikan untuk pakai SSD (Solid-State Drive) agar mendapatkan performa yang lebih cepat dibanding HDD (Hard Disk Drive) yang lebih jadul. Terakhir, kalian bisa pake OS apa saja, asal sesuai dengan spek PC dan juga tetap up-to-date. Sebaiknya kalian pakai Windows 10 yang lebih universal. Beberapa game rilis di Windows dan tidak rilis di Mac. Jadi, kalian bisa mainkan lebih banyak game di Windows!

Komponen Pendukung (Motherboard, Mouse, Keyboard, Monitor, etc)

Tidak kalah penting dengan komponen inti, komponen pendukung juga bisa bikin kalian lebih asyik saat main game di PC. Komponen pendukung ini bisa berupa motherboard, mouse, keyboard, monitor, dan headset. Biar nyaman bermain, kalian bisa pake spesifikasi PC gaming, seperti:

  • Motherboard: MSI Z490-A Pro

  • Mouse: Razer Basilisk Essential

  • Keyboard: STOGA Mechanical Gaming Keyboard

  • Monitor: Acer Nitro VG271

  • Headset: SteelSeries Arctis 1

Spesifikasi di atas memang bukan yang terbaik, tapi cukup oke untuk mendapatkan timing experience gaming yang asli. Pertama, kalian harus punya motherboard yang bagus karena motherboard ini “rumahnya” CPU. Kalo CPU yang ditaruh pada motherboard sudah canggih, tapi tidak didukung dengan motherboard yang sesuai tentu hasilnya tidak akan maksimal. Selain itu, tidak lengkap kalau mau punya PC gaming tanpa mouse dan keyboard gaming. Sebenernya sih kalian bisa pake yang biasa aja, tapi pas main kalian akan merasakan perbedaannya. Entah sensitivitas yang kurang dari mouse kalian atau tombol keyboard yang terselip. Kalo experience mainnya udah enak, saatnya tingkatkan visual dan audio pake monitor, juga headset khusus untuk gaming. Bikin permainan kalian terasa lebih nyata, bahkan sampai lawan seperti benar-benar ada di depan kalian Loh! Tapi hati-hati pas memilihnya. Kalian harus pastikan kalau itu sesuai dengan CPU dan GPU yang kalian pakai, jika tidak mungkin device-nya malah tidak bisa dipakai karena tidak mendukung.

 

Komponen Pelengkap (DVD-ROM, UPS, Joystick, etc)

Dengan komponen inti dan pendukung saja, sebenarnya kalian sudah bisa main dan bahkan streaming dengan nyaman, tapi kalau ada hal-hal seperti DVD-ROM, UPS, dan Joystick tentu pengalaman bermain game kalian akan lebih mantap. Kenapa sih hal-hal ini harus ada? Alasannya adalah:

  • DVD-ROM: Sebenarnya tidak terlalu wajib, karena kebanyakan kita akan install driver atau program lainnya dari external Harddisk atau file di internet. Tapi punya opsi ini mungkin bisa mempermudah kalian saat diperlukan.

  • UPS (Unit Power Supply): Nah kalo yang ini memang sebaiknya ada, karena listrik yang dipakai sama PC gaming memang harus stabil untuk menjaga komponen-komponen utama tidak cepat rusak. Kalau listrik yang kita langsung ambil dari colokan, kadang dayanya bisa naik atau turun.

  • Joystick: Nah yang ini harusnya bisa bikin PC kalian jadi cross-platform. Banyak banget game yang dirilis di Steam, juga dirilis di console. Dengan pakai Joystick, kalian bisa merasakan main console di PC.

Nah, itu dia kepentingan komponen pelengkap yang bisa kalian pakai di PC gaming kalian. Saran dari kami setidaknya kalian punya UPS. Karena, walaupun cuma pelengkap, perannya cukup krusial sih. Karena akan menjaga komponen-komponen utama tidak cepat rusak dengan menyediakan listrik yang stabil.

 

Itu dia rekomendasi spesifikasi minimal untuk PC gaming yang bisa dijadikan acuan untuk bermain game atau streaming game dengan lancar. Kalian bisa coba merakit sederhana dulu dan sesuaikan dengan budget yang kalian punya. Nantinya, upgrade satu-persatu setelah kalian punya budget lebih. Dengan cara itu kalian bisa punya PC gaming tanpa perlu modal yang besar dulu.

 

Nah, buat kalian yang suka main game atau bikin konten bisa cari produk gaming dan produksi kalian melalui website resmi www.tokozoom.com atau coba berkunjung ke semua marketplace kami seperti Blibli, Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak untuk mendapatkan berbagai promo menarik. 

 

 

Sumber:

 

https://mymovement.id/articles/spesifikasi-pc-gaming

https://gamebrott.com/4-tips-bagi-pemula-untuk-terjun-di-dunia-pc-gaming

 

 

 

 

 



0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *