Your Trusted Partner

Printer Kalian Cepat Rusak? Tenang Saja, Ikuti Saja 8 Tips Merawatnya Agar Awet Dan Tahan Lama

Posted by : Admin / On : Senin,02 November 2020 / Comments : 0 / Views : 45

Printer saat ini merupakan salah satu bagian penting bagi banyak orang. Tanpa printer kalian pasti kesulitan untuk mencetak data atau gambar. Bahkan saat ini printer juga bisa digunakan untuk mencetak foto sesuai keinginan pengguna. Semakin hari perkembangan printer memang semakin bagus, apalagi dengan banyaknya merek dan jenis printer.

Banyak vendor yang membuat terobosan baru dengan menciptakan printer berkualitas dan lebih canggih. Dibandingkan printer model dulu, printer sekarang memang canggih, sayangnya banyak pengguna yang enggan merawatnya.

Banyak orang yang sering mengabaikan perawatan printer, padahal sangat penting untuk merawatnya agar printer tahan lama. Nah bagaimana tips merawat printer agar awet dan tidak cepat rusak?

1. Ingat Untuk Selalu Perhatikan Kebersihan Printer

Menjaga kebersihan printer adalah hal pertama yang harus kalian lakukan agar printer bisa tahan lama. Ketika selesai menggunakan printer dan tidak ada rencana memakainya dalam waktu dekat, tutuplah dengan kain lembut atau penutup khusus printer. Terutama di bagian meletakkan kertas yang rentan dimasuki debu dan kotoran.

Kotoran yang masuk ke dalam bagian ini dan sudah menumpuk, bisa mengganjal kertas. Paling tidak, kotoran tersebut terbawa masuk dan menempel pada printer head. Kondisi ini jelas akan mengganggu kualitas cetakan dan membuat printer head cepat rusak. Karena itu, pastikan kalian membersihkan printer secara berkala, setidaknya sekali dalam seminggu.

2. Gunakan Printer Secara Rutin Agar Mesinnya Jadi Lebih Optimal

Memang benar jika printer yang digunakan secara rutin justru akan lebih awet dibanding printer yang jarang digunakan. Hal ini karena printer yang sering digunakan secara rutin akan mempunyai kondisi mesin yang lebih optimal. Tentu saja selama pemakaian printer tidak berlebihan ya.

Sementara printer yang jarang digunakan cenderung lebih cepat rusak. Saat printer jarang digunakan, tinta bisa kering. Selain itu, sebuah printer yang lama tidak digunakan bisa berakibat fatal bagi kondisi printer head. Karat dan tinta yang mengering akan sulit dibersihkan jika sudah menempel pada printer head dalam waktu lama.

3. Jangan Lupa Untuk Matikan Printer Dengan Benar Jika Tak Digunakan

Layaknya sebuah mesin, printer pun butuh waktu untuk beristirahat. Karena itu, saat kalian belum ada rencana untuk menggunakannya sebaiknya dimatikan saja. Dengan demikian, printer bisa sedikit istirahat dari tugasnya mencetak dokumen yang kalian butuhkan. Dengan adanya masa recovery justru mampu membuat printer menjadi lebih awet.

Perhatikan juga cara mematikan printer. Matikan printer dengan menekan tombol power, hal ini menyebabkan posisi cartridge kembali ketempat asalnya. Hindari mematikan printer langsung pada stop kontak, selain berbahaya, hal ini bisa menyebabkan printer cepat rusak. Meskipun hal tersebut jarang terjadi, tapi tidak ada salahnya kalian melakukan tindakan pencegahan dan antisipasi.

4. Perawatan Dengan "Clean Head" Juga Ampuh Bikin Printer Awet

Cara merawat printer berikutnya adalah rutin melakukan "clean head". Proses ini adalah cara yang paling banyak dilakukan dalam merawat printer. Tujuannya agar printer head tidak tersumbat dan mampu menyerap tinta dengan baik. Untuk kemudian menyalurkannya ke atas kertas dengan maksimal.

Sistem perawatan ini umumnya dimiliki oleh setiap printer. Kalian hanya tinggal membaca ulang buku manual yang disertakan saat membeli printer karena beda merek printer biasanya beda pula cara melakukan clean head. Namun demikian, jangan terlalu sering melakukan clean head. Cukup sekitar 1-2 minggu sekali saja ya.

5. Selalu Gunakan Tinta Print Yang Sesuai Dengan Mesin Printer Kalian Ya

Hal ini biasanya selalu disepelekan namun berdampak banyak pada keawetan printer. Selalu gunakan tinta printer sesuai yang direkomendasi produsen. Penggunaan tinta orisinal akan memberi hasil yang maksimal kepada setiap halaman yang dicetak.

Gunakan tinta dari satu merek saja. Pemakaian tinta dari berbagai merek hanya akan membuat hasil cetakan menjadi tidak maksimal. Hal ini karena biasanya tingkat kepekatan warna dari setiap merek berbeda-beda. Hal ini harus kalian perhatikan jika menggunakan printer dengan sistem infus.

6. Fatal Banget, Jangan Sampai Printer Kehabisan Tinta

Segeralah isi ulang tinta cartridge printer jika tinta tersebut akan habis, jangan menunggu cartridge kosong. Tinta yang kosong bisa menimbulkan head cartridge menjadi tersumbat. Jangan sampai kalian tidak menyadari bahwa tinta sudah habis saat masih menggunakan printer.

Jika kalian menggunakan printer dalam kondisi tinta sudah habis, pasti printer akan mengalami error. Keterlambatan kalian dalam mengisi tinta akan membuat kondisi catridge menjadi tidak normal. Ketika hal seperti ini sering terjadi, lama kelamaan cartridge tidak akan bisa berfungsi lagi.

7. Jangan Mencetak Dengan Jumlah Banyak Sekaligus, Beri Printer Istirahat Ya

Sekalipun kalian memiliki pekerjaan yang harus dicetak yang cukup banyak, hindari printing terlalu banyak dalam waktu yang sama. Kalian bisa mematikan printer untuk mengistirahatkannya sejenak setelah mencetak dokumen. Setelah beberapa saat, kalian bisa menggunakan printer untuk mencetak kembali.

Hal ini karena printer head sejatinya punya batas waktu bekerja. Ketika kalian memaksa mencetak dalam jumlah banyak secara cepat, maka kondisi printer head pasti akan kelelahan. Inilah yang kemudian akan membuat kinerja printer menjadi menurun. Tahap pertama mencetak 25 lembar lalu istirahatkan printer selama beberapa menit.

8. Selalu Hindari Menyentuh Cartridge Dengan Tangan

Menyentuh chip cartridge langsung menggunakan tangan kalian dapat membuat terjadinya kerusakan pada alat tersebut. Hal ini karena dapat mempengaruhi aliran listrik statis dan mengganggu komponen tersebut.

Selain itu, jaga kinerja cartridge agar maksimal. Caranya buatlah empat lingkaran dengan warna kuning, hijau, hitam, dan merah. Kalian bisa membuat empat lingkaran ini dengan mudah melalui insert shapes pada Ms Word. Lanjut dengan mencetak gambar tersebut dengan resolusi tertinggi. Lakukan cara ini antara satu atau dua bulan sekali sehingga kinerja kartrid bisa terjaga dalam kondisi optimal.

Sumber : https://www.wowkeren.com/berita/tampil/00293343.html


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *