Kelebihan Media Penyimpanan SSD!!

Posted by : TOKO ZOOM / On : Selasa,12 Juli 2022 / Comments : 0 / Views : 1422

Saat ini harga media penyimpanan Solid State Drive (SSD) sudah makin terjangkau sehingga laptop-laptop entry-level sudah ada yang mengadopsi SSD.

Padahal, SSD adalah media penyimpanan khusus laptop-laptop premium, mengingat harganya yang sangat mahal.

SSD sukes menjadi salah satu alternatif penyimpanan pengganti Hard Disk Drive (HDD).

Tentunya, SSD memiliki beberapa keunggulan seperti desainnya yang lebih ramping, tidak mudah rusak, dan cepat memindahkan data.

Solid State Drive atau SSD merupakan inovasi terbaru dalam penyimpanan data komputer dan chip memori SSD memiliki kecepatan dan kapasitas yang lebih tinggi dibanding flash Disk.

SSD juga menghadirkan teknologi yang lebih cepat, hingga hemat konsumsi daya dari komputer atau laptop.

SSD juga mempunyai fungsi penyimpanan data yang sama baiknya seperti HDD. Bedanya, data tidak disimpan dalam lapisan magnetik, melainkan pada chip memori flash yang saling terhubung.

Donnie Brahmandika (Consumer Retail Enablement Manager AMD International Sales & Service Ltd) mengungkapkan sejumlah keunggulan dari teknologi hardisk SSD.

"Pertama, sunyi karena hardisk SSD tidak memiliki komponen piringan seperti hardisk konvensional, sehingga tidak menimbulkan bunyi, jadi otomatis jauh lebih sejuk," ujar Donnie.

Donnie mengungkap, ketiadaan komponen piringan dalam hardisk tersebut membuat hardisk dengan teknologi SSD tidak akan terpengaruh, jika pemilik membawa laptop atau menggoyang-goyangkan laptop dalam kondisi sleep atau mati secara otomatis saat layar ditutup.

Keunggulan kedua, teknologi hardisk SSD lebih hemat daya karena konsumsi listrik yang lebih rendah dibandingkan hardisk konvensional.

"Selanjutnya keunggulan yang paling berpengaruh dari hardisk SSD ini adalah mempercepat dan jauh lebih responsif dalam memproses perintah prosesor, ketimbang hardisk konvensional," tuturnya.

Donnie menyarankan kepada para pemilik laptop, jika memiliki dana lebih, agar memperbarui hardisk laptopnya dengan hardisk berteknologi SSD dibandingkan meningkatkan kapasitas memori atau RAM.

Dilansir dari laman tekno.tempo.com, setidaknya terdapat 4 kelebihan SSD dibanding HDD, yaitu:

1. SSD Lebih Ngebut

SSD mampu membuat waktu boot perangkat lebih singkat, transfer data yang lebih cepat, dan bandwith yang lebih tinggi. Dengan kecepatan yang tinggi, SSD dapat lebih diandalkan dibandingkan dengan HDD dalam dunia bisnis yang sering menggunakan data dalam jumlah besar. Sebagai perbandingan, HDD biasanya hanya mampu mencapai performa tulis 50-120 MB/detik. Sedangkan SSD, bahkan yang paling lambat yaitu jenis SATA, mampu mencapai performa hingga 550 MB/detik.

2. SSD Lebih Hemat Daya

SSD tidak memiliki komponen yang bergerak seperti HDD. Hal ini membawa keuntungan pada SSD yang membuatnya lebih hemat daya ketika berjalan dibanding HDD yang berputar secara magnetis. Tingkat konsumsi yang rendah ini membuat media penyimpanan SSD berperan penting dalam keawetan baterai laptop yang saat ini menjadi poin penting dalam memilih sebuah laptop. Kecapatan dan bobot yang ringan serta dimensi yang tipis adalah beberapa alasan mengapa SSD semakin digandrungi pabrikan laptop-laptop terbaru daripada HDD.

3. SSD Lebih Ringan Dan Bebas Suara

SSD tidak seperti HDD yang memiliki kepala magnetis dan piringan logam. Hal ini membuat SSD lebih ringan dan ukurannya lebih kecil dibanding HDD. Ukurannya yang praktis ini membuat SSD banyak digunakan pada laptop-laptop premium yang tipis dan ringan. Selain itu, tidak adanya komponen yang bergerak membuat SSD lebih senyap dibandingkan HDD yang berisik.

4. SSD Lebih Tahan Lama dan Andal

SSD yang komponennya lebih canggih dan minim gerakan membuatnya lebih awet dibandingkan HDD. Pasalnya, panas adalah penyebab utama kerusakan pada media penyimpanan, dan gerakan yang berulang pada HDD menyebabkan potensi kerusakan itu menjadi tinggi. Selain itu, SSD juga lebih tahan terhadap tetesan, getaran, dan guncangan sehingga cocok untuk digunakan karena data yang tersimpan di dalamnya tidak mudah hilang.

Sumber:

https://tekno.tempo.co/read/1541494/jeroan-laptop-kelebihan-dan-kekurangan-ssd-dibanding-hard-disk

https://infokomputer.grid.id/read/12950023/inilah-keunggulan-hardisk-berteknologi-ssd-lebih-cepat-dan-hemat


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *