Apakah VPN efektif mencegah pelacakan data ?

Posted by : TOKO ZOOM / On : Selasa,24 September 2024 / Comments : 0 / Views : 126

Pada era ini dimana privasi daring terus-menerus terancam, Virtual Private Network (VPN) telah menjadi solusi yang tepat bagi individu dan bisnis yang ingin menlindungi datanya. Baik itu melindungi dari pengawasan internet service providers (ISP), mencegah pengiklan atau mengindari pengintaian pemerintah, VPN sering dipromosikan sebagai alat yang ampuh untuk menjaga privasi.

Lalu apa saja yang bisa disembunyikan oleh VPN ?

  1. Riwayat Pencarian : Saat menggunakan VPN, lalu lintas internet dienkripsi dan diarahkan melalui server VPN. Artinya ISP tidak dapat lagi melihat apa yang kamu lakukan secara daring.
  2. Alamat IP : VPN bekerja dengan membuat terowongan terenkripsi antara perangkat dan server VPN. Saat terhubung ke internet melalui VPN, permintaan koneksi dikirim ke server VPN yang kemudian membuat permintaan atas namamu. dan hasilnya, alamat IP yang terlihat di internet adalah alamat IP server VPN dan bukan alamat IP asli.
  3. Geolokasi : Dengan menutupi alamat IP asli, VPN juga menyembunyikan lokasi fisikmu. dan saat online yang terbaca adalah lokais server VPN.
  4. Unduhan : VPN mengenkripsi datamu, memastikan bahwa aktivitas unduhan dan unggahanmu tidak dapat dibaca atau dicatat oleh ISP atau penyadap potensial manapun.
  5. Aktivitas Streaming : VPN juga dapat melindungi aktivitas streaming dengan menyembunyikan alamat IP asli milikmu, dan mencegah situs web atau pihak lain melacak kebiasaan streaming dan meningkatkan privasi kamu.

Jadi menurut kamu apakah efektif untuk menggunakan VPN ?