Your Trusted Partner

Teknologi dan Pandemi: Bagaimana Kita Dapat Menggunakan Teknologi untuk Belajar dan Kolaborasi yang Lebih Aman di “New Normal”?

Posted by : Admin / On : Senin,25 Januari 2021 / Comments : 0 / Views : 147

Di seluruh Asia Tenggara, saat ini bisnis dan sekolah menyesuaikan diri dengan lingkungan pasca pandemi pada tahapan yang berbeda. Di beberapa negara, bekerja dan belajar dari rumah akan terus menjadi ketentuan sepanjang tahun, sementara di negara lain, siswa dan karyawan sudah mulai kembali ke situasi normal.

Baik Anda yang bekerja dan belajar dari rumah atau di kantor, dengan mengikuti protokol jaga jarak yang ketat, teknologi terbukti berperan penting dalam memungkinkan produktivitas dan kolaborasi di antara siswa dan tenaga kerja.

Teknologi Epson di Dunia Pasca-Pandemi

Epson, sebagai salah satu perusahaan teknologi terkemuka di dunia, telah lama memaksimalkan dan berinovasi pada teknologi canggih untuk membantu kehidupan masyarakat dan lingkungan yang lebih baik. Khusus untuk sektor korporat dan pendidikan, Epson memiliki rangkaian teknologi yang dapat membantu kedua industri menavigasi apa yang disebut tatanan kerja baru, terutama dengan proyektor lini atas. Proyektor ini bertujuan untuk membuat pembelajaran fisik dan kolaborasi kerja lebih aman selama pemulihan dari kondisi pandemi.

Teknologi Proyektor dan Tantangan Pembelajaran di dalam Kelas dengan Jaga Jarak Sosial

Bayangkan sebuah ruang kelas dalam ruang normal baru, yang dimana meja-meja berjarak setidaknya 1,5 meter dengan siswa menggunakan peralatan pelindung, dihalangi dari interaksi fisik yang tidak perlu. Ini adalah kenyataan baru di dalam ruang kelas pembelajaran saat ini setelah menghadapi pandemi.

Epson mempertahankan lingkungan belajar yang aman dan produktif dalam keadaan normal baru dengan daftar solusi proyeksi, dengan menambahkan dimensi baru dalam pembelajaran fisik.

Jaga jarak sosial yang tepat membantu membatasi penyebaran virus COVID-19 dari orang ke orang. Karena komunitas kembali dibuka dan orang-orang lebih sering berada di tempat umum, sangat penting untuk kita memperkuat kebutuhan menjaga jarak setidaknya 5 kaki dari orang lain, dan memakai masker dan pelindung wajah. Di dalam kelas, hal ini sangat penting karena siswa dan guru berada dalam satu ruangan. Suatu tindakan harus dilakukan untuk melakukan ini dengan benar dan teknologi inovatif harus dimanfaatkan dengan baik.

Aplikasi iProjection Epson, sebuah inovasi dari Epson yang akan membuat pembelajaran lebih interaktif dan lebih aman, aplikasi ini kompatibel dengan sistem operasi iOS dan Android. Dengan menggunakan fungsi multi-proyeksi dari aplikasi ini, siswa dan guru dapat berkolaborasi secara efisien sambil menjaga jarak aman, sehingga memungkinkan mereka untuk membuat anotasi dari tempat duduk mereka.

Proyektor Epson menjanjikan presentasi tanpa gangguan dengan kemampuan untuk memproyeksikan gambar jernih sebesar 120-inci hanya dari jarak 54-126 cm. Gambar tetap jernih bahkan dengan ukuran tampilan yang ditingkatkan, berkat keluaran cahaya warna proyektor lebih dari 3.000 lumens yang meningkatkan kecerahan dan resolusi. Ini juga memiliki ukuran layar fleksibel yang dapat disesuaikan sesuai dengan aturan 4/6/8, memungkinkan siswa untuk mematuhi langkah-langkah jarak aman sambil mempertahankan pengalaman menonton yang optimal.

Pembelajaran Jarak Jauh yang Efektif

Selama beberapa bulan terakhir, anak-anak di seluruh dunia tidak lagi memiliki akses ke guru mereka dan materi pembelajaran berbasis sekolah karena penutupan sekolah. Meskipun belum ada indikasi kapan sekolah akan dibuka kembali di beberapa negara, penting bahwa anak-anak didukung oleh metode pengajaran yang efektif melalui pembelajaran jarak jauh.

 

Dengan fungsi kolaborasi multi-lokasi Epson di dalam lini proyektor interaktifnya, memungkinkan aktivitas interaktif tersinkronisasi waktu nyata hingga pada empat proyektor sekaligus di lokasi yang berbeda. Artinya, siswa dan guru di ruang kelas terpisah dapat menggunakan fungsi berbagi layar untuk berkolaborasi dan berbagi konten yang sama secara virtual.

 

Selain itu, kamera dokumen Epson, juga  dapat diintegrasikan dengan proyektor interaktif Epson yang menawarkan pengaturan dan konektivitas mudah untuk semua ruang kelas. Ini memungkinkan guru dan siswa untuk melakukan anotasi langsung pada bahan ajar non-digital seperti buku teks, catatan dan objek 3D selama pembelajaran jarak jauh.

Tingkatkan Kebersihan dan Kenyamanan

Untuk mengurangi penyebaran virus, langkah-langkah pengamanan yang ketat diterapkan, terutama di dalam kelas. Baik guru maupun anggota sekolah didesak untuk menerapkan metode desinfeksi yang tepat dan sebisa mungkin membatasi kontak yang tidak perlu.

Manfaat Proyektor Laser Epson dibandingkan layar tradisional tidak dapat disangkal, terutama di kondisi sekarang, karena mempraktikkan tindakan disinfeksi sangat penting di ruang kelas. Permukaan seperti papan tulis dan dinding dapat dengan mudah didesinfeksi, tidak seperti tampilan panel datar.

Untuk pemecahan masalah, perangkat lunak manajemen proyektor Epson memungkinkan teknisi IT untuk menyelesaikan jaringan dan kesulitan teknis lainnya di luar lokasi yang meminimalkan interaksi fisik. Ini sangat membantu dalam mengurangi tenaga kerja yang dibutuhkan untuk hadir di lingkungan kampus.

Teknologi Proyektor yang Memungkinkan Kolaborasi Ruang Kerja Lebih Aman

Bahkan ketika orang mulai kembali bekerja ke kantor, tindakan pencegahan seperti jaga jarak sosial di tempat kerja, alat pelindung wajib, dan protokol keselamatan akan diberlakukan dengan ketat.

Kabar baiknya, rangkaian proyektor Epson dirancang dengan mempertimbangkan masa depan tempat kerja, mempertahankan pertumbuhan bisnis dan menjaga efisiensi.

Mempertahankan Jarak Sosial

Saat kita menghadapi tatanan kerja baru, kenyataan yang biasa kita alami di lingkungan kantor tidak akan sama. Akan selalu ada protokol tertentu yang diterapkan untuk memastikan bahwa karyawan akan mempraktikkan tindakan sanitasi yang tepat dan jaga jarak sosial saat mereka berada di dalam gedung kantor.

Untungnya, Epson memiliki rangkaian proyektor yang menghadirkan kejelasan dan kolaborasi yang lebih baik untuk bisnis sambil mempraktikkan jaga jarak sosial di ruang rapat melalui teknologi mobilitas nirkabel yang efisien. Ukuran layarnya yang fleksibel akan sangat sesuai dengan ukuran jaga jarak sosial di ruang rapat tertutup.

Kamera dokumen Epson juga dapat membantu dalam presentasi atau demonstrasi produk online dan offline dengan kemampuan untuk memproyeksikan gambar dengan kualitas yang luar biasa. Sensor gambar yang sangat efisien dapat menangkap lebih banyak cahaya per piksel dan menghasilkan gambar yang cerah dengan kualitas dan detail luar biasa. Ini sangat membantu dalam meminimalkan interaksi fisik antara rekan kerja dan mitra dengan resolusi tampilan yang dapat dilihat di sudut terjauh ruangan.

Kolaborasi Jarak Jauh Produktif

Lingkungan kerja hybrid adalah realita baru lain yang perlu dihadapi dunia korporat, terutama bagi perusahaan yang tidak dapat sepenuhnya melakukan jarak jauh. Di sinilah alat kolaborasi berperan sebagai kunci untuk mengintegrasikan aplikasi bisnis yang relevan untuk memastikan tim memiliki konteks yang tepat agar efektif baik di dalam maupun di luar lokasi.

Ketika karyawan bertemu dari lokasi berbeda karena keterbatasan perjalanan, fitur layar terpisah proyektor interaktif Epson dapat membantu membuat kolaborasi menjadi lebih mudah antar tim kerja. Ini memungkinkan berbagi informasi secara simultan saat karyawan melakukan konferensi video. Dan, juga dapat memproyeksikan gambar secara bersamaan hingga dari empat sumber sehingga memudahkan karyawan untuk bekerja bersama saat mereka merangkul pengaturan sistem kerja hybrid.

Selain itu, melalui Aplikasi iProjection Epson, kolaborasi multi-lokasi dimungkinkan dalam lingkungan kerja hybrid. Hal ini memungkinkan konten untuk diedit dan dibagikan dengan anotasi langsung di jaringan yang sama di seluruh dunia.

Tingkatkan Kebersihan dan Kenyamanan

Lebih dari segalanya, menjadi sangat penting untuk ruang bersama, seperti kantor, untuk memperkuat protokol keamanan di tengah pandemi. Manajemen diharapkan dapat menerapkan langkah-langkah yang akan menurunkan risiko karyawan tertular virus COVID-19 di lingkungan kantor. Inilah sebabnya mengapa sangat penting untuk berinvestasi dalam teknologi yang memungkinkan desinfeksi yang tepat dan interaksi minimal antar karyawan.

Proyektor interaktif Epson memungkinkan interaksi maksimum dengan sedikit kontak pribadi: pena multi-sentuh yang dapat dengan mudah didesinfeksi, konektivitas bawa-perangkat-Anda-sendiri (BYOD) nirkabel, pencerminan layar, dan antarmuka pengguna yang mudah digunakan dan membuat mudah untuk mengatur dan menavigasi antar fungsi.

Perangkat lunak manajemen proyektor Epson juga merupakan produk Epson yang bermanfaat untuk digunakan di tempat kerja baru. Ini memungkinkan perawatan pemecahan masalah jarak jauh teknisi IT sehingga meminimalkan interaksi fisik.

Teknologi dan Inovasi di Garis Depan Ruang Kelas dan Ruang Kerja yang Lebih Aman

Kolaborasi selalu menjadi elemen kunci untuk produktivitas dan kesuksesan kerja. Teknologi tidak diragukan lagi telah membuat hal ini lebih mudah dan lebih memungkinkan selama pandemi, tetapi masalah mulai dari kurangnya ruang kerja / belajar yang kondusif dan gangguan di rumah dikatakan telah menurunkan moral karyawan dan siswa.

Dengan teknologi dan inovasi, siapa yang tahu bagaimana proyektor Epson dapat memungkinkan ruang kelas dan kolaborasi tempat kerja menjadi lebih baik dalam waktu dekat?

Hidup di dunia pasca-pandemi, sepertinya kedua pilar, teknologi dan inovasi akan membentuk realitas baru kita saat ini. Beruntung, ini selalu menjadi inti DNA Epson selama bertahun-tahun. Dan hari ini, tidak akan ada yang menghentikan upaya Epson dalam menghasilkan teknologi yang efisien, ringkas, dan presisi – bahkan pandemi sekalipun

Sumber : https://blog.epson.co.id/technology-and-the-pandemic-how-can-we-use-it-to-enable-safer-learning-and-collaboration-in-the-new-normal/



0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *