Sebelum Beli Laptop Pahami Dulu Perbedaan AMD dan Intel

Posted by : TOKO ZOOM / On : Jumat,27 Maret 2020 / Comments : 0 / Views : 1824

Di dalam teknologi laptop, pastinya ada satu bagian yang harus dipenuhi agar laptop bisa berjalan dengan lancar yaitu prosesor. Saat ini, ada dua merek prosesor yang menguasai pasar laptop dan mereka bersaing ketat, yaitu AMD dan Intel.

Siapa yang tidak kenal dengan kedua merek tersebut? Pastinya yang memiliki laptop, setidaknya sudah pernah mendengar AMD dan Intel. Persaingan keduanya memang cukup sengit karena saat ada satu produsen laptop merilis laptop baru, terkadang ada yang menjual tipe laptop yang sama, tapi dengan prosesor yang berbeda. Satu dengan AMD, satunya lagi Intel.

Kondisi membuat munculnya perdebatan tentang mana yang terbaik. Tapi sebelum itu, sebaiknya kenali dulu perbedaan keduanya. Bagi yang sedang ingin membeli laptop, berikut informasi yang wajib kamu tahu agar tidak salah memilih. Cari tahu yuk!

Kecepatan

Ketika kamu ingin membeli laptop, pastinya kamu ingin mendapatkan laptop yang cepat, bukan? Dengan laptop yang cepat, kamu bisa membuka berbagai aplikasi dengan cepat tanpa perlu menunggu waktu yang lama. Untuk sisi kecepatan sendiri, ada satu tes benchmark yang memperlihatkan kalau Intel lebih cepat dibandingkan dengan AMD. Walau tetap tidak kalah telak, tapi dalam tes ini, Intel lebih unggul.

Grafis game

Saat ini banyak sekali game-game menarik yang bisa dimainkan di laptop. Dari game petualangan hingga FPS (First Person Shooter), semuanya bisa dimainkan di laptop, bahkan cenderung lebih mudah, khususnya untuk game FPS. Nah, tentu saja dalam menjalankan game, kekuatan prosesor sangatlah penting agar game bisa berjalan lancar, tanpa adanya gangguan. Dan untuk grafis game sendiri, AMD terbukti lebih kuat dibandingkan Intel. Hal ini dikarenakan kinerja AMD tetap bertahan di posisi yang sama walaupun suhu laptop meningkat.

Manajemen suhu

Ketika bermain dengan laptop, pastinya suhu di dalamnya akan naik secara perlahan-lahan. Dibutuhkan manajemen suhu yang baik yang ditentukan juga dengan prosesor itu sendiri, tidak hanya dengan kipas yang kuat dan aliran udara yang baik.

Sementara itu, dalam pertarungan manajemen suhu Intel lebih baik dibandingkan AMD. Alasan utamanya adalah teknologi baru yang membuat kinerja prosesor akan diturunkan ketika suhu meningkat. Dengan penyesuaian secara otomatis ini, suhu laptop yang menggunakan prosesor Intel akan lebih tenang dan tidak terlalu panas, berbeda jika memakai AMD.

Multimedia

Di dalam laptop, sisi multimedia sangatlah penting karena bisa memberikan banyak kemudahan yang ditawarkan. Untuk urusan ini, Intel lebih unggul dibandingkan AMD karena gambar yang ditampilkan prosesor Intel jauh lebih tajam dibandingkan AMD. Hal ini sudah terbukti dalam dunia game sendiri.

Virus

Ketika memiliki laptop, pastinya ada rasa takut kalau laptop tersebut terkena virus. Untungnya, di dalam teknologi prosesor AMD, ada teknologi yang mendeteksi virus sebelum mengganggu laptop kamu. Sayangnya, Intel belum memiliki teknologi yang sama sehingga dalam urusan virus, AMD jauh lebih unggul.

Harga

Ini adalah bagian yang paling penting yaitu harga. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, harga laptop dengan prosesor Intel dan AMD memiliki harga yang berbeda. Dan saat ini, harga laptop dengan prosesor Intel lebih mahal sedikit, dibandingkan AMD.

Mudah bukan memahami perbedaan AMD dengan Intel yang perlu kamu ketahui sebelum membeli laptop? Dari segi branding, Intel memang lebih unggul dibandingkan AMD. Namun, semuanya tergantung pilihan kamu sendiri.

Sumber : www.dewaweb.com


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *