PERBEDAAN SSD DAN HDD??!!

Posted by : TOKO ZOOM / On : Senin,10 April 2023 / Comments : 0 / Views : 1264


HDD (Hard Disk Drive) merupakan sebuah hardware penyimpanan yang cara kerjanya menggunakan piringan berputar yang berfungsi menuliskan maupun membaca data. Hard disk ini telah menjadi tempat penyimpanan andalan bagi banyak orang selama beberapa tahun belakangan. HDD lebih cocok dipakai jika kamu ingin menyimpan data pribadi seperti foto, musik, video, dll.

 

 

 

 HDD memiliki kecepatan read and write yang cukup lambat yaitu hanya sekitar 100 MB/s. Maka dari itu, HDD tidak disarankan untuk media penyimpanan sistem operasi (https://student-activity.binus.ac.id/). HDD biasanya menggunakan arus 0,5-1 ampere pada tegangan 5 volt, artinya hanya makan daya maksimal 5 watt. 1 HDD maksimal 10 watt (https://id.quora.com/).

Jenis-jenis Harddisk:

Harddisk ATA/AIDE

Harddisk ATA (Advanced Technology Attachment ) dan AIDE (Enhanced IntegratedDrive Electronic) adalah standart baku yang digunakan suatu antarmuka berbasis koneksi bus. Disk seperti ini diciptakan agar hardisk mampu bekerja menggunakan bus PCI. Harddisk ini banyak digunakan pada PC (Personal Computer). Keuntungan menggunakan harddisk tipe ini adalah harganya murah. Kekurangannya adalah Harddisk ini memerlukan setidaknya dua kontroler atau lebih untuk sekedar meningkatkan performa.

Harddisk SCSI

            Harddisk SCSI juga memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki ATA/AIDE. Harddisk SCSI menawarkan sensasi performa yang lebih baik dari pada ATA. Kelebihan harddisk ini menjalankan beberapa disk drive yang aktif secara bersamaan. Hal itu dapat terjadi karena setiap disk hanya akan aktif jika drive tersebut akan digunakan untuk keperluan transfer. Cara kerjanya adalah pada kasus adanya permintaan / request besar-besaran untuk beberapa file kecil yang terdapat pada komputer server.

Harddisk RAID

            Harddisk jenis ini dikenal memiliki performa dan tenaga yang kuat dan handal dalam menyimpan berbagai file besar. Disk ini dapat bekerja dengan baik walaupun komputer ‘dipaksa’ untuk memacu performa tinggi.

Harddisk SATA

Harddisk SATA (Serial Advanced Technology Attachment) adalah versi interface terbaru dari ATA. Kelebihannya adalah disk ini hanya menggunakan dua pertiga bagian dari ATA. Harddisk juga memiliki kecepatan tinggi karena ia memiliki kemampuan untuk mengurangi latensi atau delay. Dalam transfer data, disk jenis ini akan mengurutkan data secara paralel tanpa menggunakan master atau slave, sehingga kabel SATA hanya bisa digunakan untuk satu hardisk saja (https://service.pemmz.com/).

 

SOLID-STATE DRIVE (SSD)

Solid-state drive (SSD) adalah perangkat penyimpanan generasi baru yang digunakan di komputer. SSD menggantikan hard disk mekanis tradisional dengan menggunakan memori berbasis flash, yang secara signifikan lebih cepat.

 

 

 

 

  

Jenis – Jenis SSD:Tipe SSD 2.5 Inch

Salah satu tipe SSD yang mungkin paling sering orang lihat dan temukan di pasaran adalah SSD 2,5 Inch ini. Sesuai dengan namanya perangkat satu ini punya ketebalan dan format ukuran sebesar 2,5 inch, dan sering orang gunakan di laptop. Cukup banyak orang yang sudah menggunakan tipe ini untuk menggantikan HDD pada laptop sebagai ruang penyimpanan. Kecepatan luar biasa yang SSD 2.5 Inch tawarkan, membuat pengguna atau produsen laptop mulai menggunakan pemasangan perangkat ini.

Tipe SSD mSATA

SSD mSATA mempunyai bentuk lebih kecil dari tipe SSD lainnya. Karena punya rancangan dan bentuk lebih kecil penggunaan SSD tipe ini sering ditemukan pada perangakat portable. Pengguna bisa melihatnya di beberapa perangkat seperti tablet dan digital scanner. SSD jenis ini punya ukuran kurang lebih seperti kartu nama atau ID card. Keunggulan utama dari tipe ini adalah bentuknya yang mini serta konsumsi daya energi rendah. Selain itu SSD mSata juga tahan terhadap guncangan dan getaran.

Tipe SSD M.2 SATA

Apabila Anda mencari media penyimpanan yang berkinerja tinggi dalam perangkat dengan konsumsi daya tak terbatas untuk laptop maupun tablet, opsi terbaik adalah SSD M.2 SATA. Tipe ini menawarkan kecepatan akses luar biasa dengan ukuran kecil. Terdapat dua tipe yang bisa Anda pilih yaitu M.2 atau double-sided yang menawarkan ukuran 22 mm x 60 mm dan satunya lagi M.2 satu sisi berukuran 22 mm x 80mm. Perbedaan dari kedua produk ini terlihat dari kapasitasnya.

Tipe SSD PCIe

PCIe merupakan salah satu jenis SSD yang menawarkan sistem kerja berbasis PCIe, dimana proses akses data ke ruangan penyimpanan akan berjalan dengan begitu cepat. Hal ini lantaran penggunaan teknologi PCI-SIG atau Special Interest Group di dalamnya.

Sebagai salah satu teknologi terbaru dari pengembang SSD, PCIe dapat mempercepat tugas dan kinerja prosesor dalam mengakses ruang penyimpanan, di mana perangkat ini bekerja sebagai cache dan menyimpan semua data secara baik dan rapi. Kemampuannya dalam mengelola semua jenia file penyimpanan membuat SSD tipe ini menjadi andalan beberapa pihak.

Tipe SSD M.2 NVMe

Untuk yang belum tahu NVMe merupakan singkatan dari Non-Volatile Memory Express, ini adalah standar atau protokol khusus untuk SSD dari brand terkenal seperti Dell, Samsung, sampai dengan Sandisk. NVMe memungkinkan pergerakan akses memori secara flash dan beroperasi secepat mungkin sehingga pengguna dapat merasakan pengalaman luar biasa. Tipe SSD satu ini punya tingkat fleksibilitas tinggi sehingga dapat beroperasi di seluruh bus PCi yang memungkinkan percepatan maksimal dari sebuah laptop dalam melakukan aktivitas membaca serta penulisan dalam sebuah ruang penyimpanan, hal ini membuatnya kerap kali orang gunakan. SSD jenis ini juga menawarkan kemudahan dalam instalasi berbagai perangkat lunak pada system di laptop (https://www.bhinneka.com/).

 


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *