Membongkar Catridge Printer Epson L110, L300, L310 Tanpa Membuka Casing

Posted by : TOKO ZOOM / On : Selasa,20 Oktober 2020 / Comments : 0 / Views : 2030

Printer Epson seri L baru seperti seri L110, L300,L 310 adalah printer yang sudah dilengkapi dengan sistem infus untuk suply tintanya. Sehingga kita tidak perlu repot lagi  memodifikasinya untuk menambahkan sistem infus seperti printer-printer keluaran epson sebelumnya seperti Epson T11, T13, 1390 dsb.

Namun dibalik itu ada satu kelemahan yang menurut saya cukup fatal, dan hampir semua printer dengan seri L ini pasti terkena masalah ini termasuk printer seri L100 yang merupakan sesepuh dari jenis printer seri L yang sekarang. Kelamahan ini adalah kondisi catride akan menjadi kosong setelah dipakai dalam waktu tertentu meskipun tabung tinta masih penuh dan diisi secara rutin tanpa menunggu tabung tinta kosong.

Kondisi kosong pada catridge inilah yang akan menjadi awal kerusakan pada komponen print head printer jenis seri L ini. Mengapa demikian ...? seperti yang kita tahu bahwa pada saat proses print, komponen print head membutuhkan supply tinta yang berasal dari catride. Jika catridge kosong atau kering maka suply tinta ke print head pun tidak ada dan akibatnya akan terjadi overheat pada print head.Namun muncul masalah lagi .... Bagaimana dengan printer yang masih dalam masa garansi .... ? karena untuk mengecek tinta pada catridge, kita harus membongkar casingnya dan itu akan merusak segel garansi... ?

Keadaan overheat inilah yang menyababkan print me
njadi mampet. Namun tenang saja, kita punya cara untuk mengatasinya yaitu dengan rutin mengecek kondisi tinta pada tabung catridgenya. Kalau misalkan mulai kosong, tinggal vacum saja dengan menggunakan suntikan sampai catridgenya terisi penuh.

Inilah yang akan bahas di sini , yaitu cara membongkar catridge tanpa harus membuka casing secara keseluruhan sehingga segel garansi tetap utuh. Ini juga bisa kita aplikasikan ketika kita akan memperbaiki print head sebelum mengambil pilihan garansi. Karena seperti yang kita tahu bahwa untuk mengaransikan sebuah printer yang rusak, biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama. Sehingga tidak ada salahnya untuk mencoba memperbaikinya terlebih dahulu.

Langkah-langkah membuka Catridge Epson L110, L300, L310 tanpa merusak segel garansi

Untuk cara melepas catridge dan vacum catridge printer epson tipe ini bisa dilihat dari penjelasannya bisa dibaca secara lengkap pada artikel ini.

Berikut beberapa langkah untuk membongkar catridge tanpa harus membongkar casing secara keseluruhan :

1. Langkah pertama buka tiga baut yang ada di bagian atas casing.

Dua baut di bagian depan dan satu baut bagian belakang di sebelah kiri. Untuk baut pada casing atas sebelah kanan tidak perlu buka karena tertutup oleh stiker garansi. Gunakanlah obeng plus untuk membukanya.

2. Untuk langkah kedua adalah membuka penutup catridge. 

Penutup catridge ini dikunci dengan sebuah baut plus kecil. silahkan buka penutupnya dengan obeng plus kecil. Sebelum dibuka jangan lupa geser dulu posisi catridgenya ke tengah-tengah. Jika catridge tidak bisa digeser ke tengah, itu terjadi karena rumah catridge dalam keadaan terkunci. Untuk membukanya coba tekan bagian yang menguncinya dengan obeng yang letaknya di sebelah kiri  rumah catridge.

Cara lain supaya rumah catridge tidak terkunci adalah dengan menghidupkan dulu printernya, kemudian pada saat rumah catridge bergerah ke tengah,  maka cabutlah kabel power lisrtiknya. Dengan begitu Rumah catridge tidak akan terkunci.

3. Langkah berikutnya membuka pengunci casing yang terletak di sebelah kiri bawah.

Sebelum membuka kunci pengaitnya kita perlu melepas penutupnya terlebih dahulu. Penutup tersebut adalah sebuah plastik transfaran ( segel plastik ). Namun plastik penutup tersebut tidak perlu dilepas semuanya cukup setengahnya saja yang penting ada celah untuk mencungkil pengaitnya. Selain itu juga supaya mempermudah kita pada saat akan menempelkannya lagi.

Gunakan cuter atau sejenisnya untuk melepas plastik penutup tersebut dan lakukan dengan hati-hati jangan sampai sobek atau kusut.

Setelah itu kita cungkil pengaitnya dengan menggunakan kuku atau dengan pinset sambil mengangkat casing bagian atasnya. Lakukan dengan hati-hati jangan sampai merusak segel plastiknya.

Setelah pengaitnya lepas, angkat casing bagian atasnya kemudian ganjal menggunakan pegangan obel atau apa saja yg penting casing printer bagian kiri atasnya terangkat dan memberikan cukup ruang untuk melepas catridge dari rumah catridgenya. Setelah itu geser rumah catridge ke sebelah kiri dan catridge pun sudah siap dilepas.

Jika catridgenya memang kosong, silahkan sedot (vacum) dengan menggunakan suntikan khusus untuk vacum catridge printer epson. Suntikan ini banyak yang jual di toko spare part printer. Jika sudah selesai silahkan rakit kembali dan lakukan head cleaning melalui komputer. Jangan lupa untuk mengembalikan posisi segel plastik seperti semula....

Itulah beberapa langkah untuk membongkar catridge tanpa membongkar casing secara keseluruhan sehingga stiker atau label garansi tetap aman. Sangat mudah bukan...? Saya yakin anda pasti bisa ... " Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat para pembaca semuanya. Jika artikel ini bermanfaat jangan lupa untuk like, share dan subscribe website kami. Terima kasih sudah berkunjung.

Sumber : https://www.technodand.net/2017/02/membongkar-catridge-printer-epson.html


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *