Cara Menggunakan Laptop Bagi Pemula

Posted by : TOKO ZOOM / On : Senin,19 Oktober 2020 / Comments : 0 / Views : 1398

Laptop, perangkat komputer portabel yang saat ini banyak dipakai untuk berbagai kebutuhan. Pekerjaan atau hiburan.

Harganya juga saat ini sudah terjangkau, well.. Satu jutaan juga sudah dapet loh.

Tapi tetap saja, perangkat Komputer itu bisa dibilang mudah rusak, apalagi kalau nggak dirawat dengan benar.

Nah, kalau baru beli Laptop pastinya bingung dong, hal apa saja yang harus dilakukan? Bagaimana cara menggunakan Laptop dengan benar waktu pertama kali?

Cara Menggunakan Laptop Dengan Benar

Sebenernya nih ya, menggunakan Laptop itu nggak sulit kok. Namun khusus waktu baru beli, mungkin ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Disini saya ingin menjelaskannya, langkah demi langkah cara memakai Laptop dengan benar, supaya lebih awet nantinya.

1. Taruh Laptop Dengan Benar

Langkah pertama sebelum memakai Laptop, adalah dengan menaruhnya dengan benar. Hal ini kurang diperhatikan para penggunanya, sehingga tidak jarang membuat Laptop menjadi cepat sekali rusak.

Untuk tempat menaruh Laptopnya bebas bisa dimana saja, asalkan dua hal berikut terpenuhi :

·         Pastikan tempatnya rata, misalnya di meja.

·         Taruh Laptop ditempat yang tidak lembab dan tidak berdebu

Jadi dibawah Laptop itu terdapat ventilasi. Nah, disini kita harus memastikan supaya ventilasi tersebut nggak tertutup dan nggak kemasukan debu (Apalagi air).

2. Buka Layar Laptop

Selanjutnya buka layar Laptopnya. Caranya sih simpel saja, tinggal angkat layarnya secara perlahan.

Namun untuk beberapa tipe Laptop kadang ada penguncinya. Cek dulu bagian pinggiran layar, kalau ada buka dulu kuncinya.

Perhatikan sudut dari layarnya, jangan terlalu miring kebawah, karena bisa membuat engselnya rusak bahkan patah kalau nggak sengaja terdorong.

3. Nyalakan Laptop

Untuk menyalakan Laptop, kita harus mencari terlebih dahulu dimana letak tombol powernya. Biasanya sih ada didekat layar atau dibagian pinggir.

Ada yang berbentuk bulat, ada juga yang berbentuk seperti switch.

Tombolnya tinggal ditekan atau geser saja, biasanya ditandai dengan lampu yang menyala kalau Laptop sudah menyala.

4. Tunggu Proses Bootnya

Dengan asumsi Laptop sudah ada Windows, kita tinggal tunggu dulu proses bootnya.

Boot itu adalah tampilan saat Laptop baru menyala. Dari menu logo, loading Windows sampai semuanya selesai.

Biasanya butuh waktu 10 detik sampai 1 menit, sabar dan jangan diapa-apain dulu ya.

5. Pakai Trackpad Dan Keyboard Untuk Memakai Laptop

Setelah laptop menyala, kita bisa langsung memakainya menggunakan Trackpad dan Keyboard. Gunakan jari untuk menggerakkan kursor pada sistem.

Gunakan tombol kanan untuk membuka menu, dan tombol kiri untuk memilih (Atau bisa ketuk Trackpad 2x).

Tips : Kalau nggak suka pakai Trackpad, bisa juga beli mouse. Nanti tinggal sambung saja ke USB, secara fungsi sih sama.

6. Install Software

Saat pertama kali membeli Laptop, salah satu hal penting itu kita harus membiasakan diri terlebih dahulu. Entah dengan Keyboardnya atau dengan sistemnya.

Kemudian jika sudah terbiasa, maka kita bisa langsung menggunakan Laptop seperti pada umumnya.

Untuk apa saja sih Laptop dipakai?

·         Mengetik

·         Browsing

·         Mengedit Foto Atau Video

·         Bermain Game

Tapi tergantung ke masing-masing, maunya dipakai apa? Nah, untuk software-software Laptop itu ada banyak. Berikut beberapa rekomendasi yang bisa diinstall :

Office Word

Office Word adalah Aplikasi mengetik yang paling banyak dipakai. Kita bisa membuat dokumen hingga mencetaknya menggunakan Printer. Aplikasi ini sangat disarankan untuk diinstall, apalagi untuk jangka panjang.

Selain Office Word, jangan lupa install juga software sejenis seperti Excel dan sejenisnya (Sudah satu paket biasanya dengan Word).

Google Chrome

Google Chrome adalah Aplikasi browser yang terkenal ringan dan penggunaannya yang mudah. Kita bisa menginstallnya secara gratis di www.google.com/chrome

Adobe Photoshop

Hobi edit foto? Maka Adobe Photoshop wajib diinstall. Aplikasi ini merupakan salah satu yang paling terkenal di bidang editing. Penggunanya pun sangat banyak, mulai dari yang masih pemula sampai yang sudah master.

Khusus game yang nggak membahasnya. Alasannya kalau game terserah, tergantung keinginan saja.

7. Install Driver

Sudah menginstall software? Maka jangan lupa untuk install juga driver. Nah, apa bedanya Driver dan Software?

Kalau dijelaskan sebenarnya nggak beda jauh. Driver ini masih termasuk software, NAMUN driver ini berfungsi untuk menggerakkan komponen dari Laptop. (Intinya untuk mengaktifkan komponen Laptop).

Caranya? Saat pertama kali beli Laptop, pasti akan dapat DVD. Pada DVD tersebut terdapat driver yang bisa diinstall, silakan cek.

8. Sambungkan Laptop Ke WIFI

Yang ini nggak kalah penting loh. Kita mesti menyambungkan Laptop ke WIFI supaya Laptop bisa tersambung ke internet.

Untuk caranya nggak sulit. Perhatikan langkah sebelumnya, saat install driver pastikan software untuk WIFI ada.

Kalau sudah diinstall, silakan cari tombol WIFI. Biasanya ada tombol khususnya.

Kalau nggak ada coba cek Keyboard, tepatnya pada daftar tombol F1 sampai F12, yang ada logo WIFI. Gunakan tombol FN sebagai kombinasi untuk menyalakannya.

9. Baterai Laptop Habis? Ini Cara Mengecasnya

Yup, Laptop menggunakan baterai yang akan habis sewaktu-waktu. Kalau habis ya tinggal cas, caranya bisa dilakukan seperti biasa.

Ambil charger Laptop, sambungkan ke port di Laptop kemudian sambung deh ke listrik.

Perhatikan sumber listrik, lebih bagus kalau langsung disambung ke colokan yang ada ditembok.

Tips Agar Laptop Lebih Awet

1.    Pastikan Tempat Dimana Laptop Ditaruh Bersih : Seperti yang dikatakan tadi, ini penting. Perhatikan tempatnya jangan sampai lembab apalagi ada air. Disarankan juga tempatnya bersih dari debu.

2.    Suka Bepergian? Gunakan Tas : Kalau suka bepergian, akan lebih baik Laptop ditaruh didalam tas. Gunakan tas khusus yang memang sudah didesain untuk Laptop supaya Laptop lebih awet.

3.    Jauhkan Laptop Dari Air : Laptop rata-rata tidak anti air. Jadi jauhkan Laptop dari air untuk mencegah kerusakan yang mungkin terjadi (Bisa konslet).

4.    Hati-hati saat membawa Laptop : Maksudnya kalau jatuh loh, ini bahaya sekali. Bisa-bisa laptop retak bahkan layarnya pecah.

5.    Istirahatkan Laptop Ketika Panas : Terlalu lama memakai Laptop kadang bisa membuatnya panas. Ini dalam jangka waktu tertentu bisa membuat komponen didalamnya rusak. Lebih baik dinginkan dulu Laptop ketika panas dengan cara dimatikan.

Laptop Error? Gimana Cara Memperbaikinya?

Kalau belum biasa pasti takut ya waktu Laptop rusak? Intinya Laptop rusak itu dibagi dua, bisa dari komponen bisa juga dari sistem.

Untuk dari sistem sih sebenarnya bisa diperbaiki sendiri. Contoh sederhananya bisa coba buka kategori Laptop di situs ini.

Disana tersedia banyak tips soal cara memperbaiki Laptop, misalnya Keyboard tidak berfungsi sebagian atau WIFI di Laptop Hilang.

Tapi kalau rusaknya kemungkinan dari komponen, misalnya layar pecah, gambar Laptop berubah warna, atau nggak bisa nyala, lebih baik langsung saja bawa ke Service Center.

Akhir Kata

Begitulah cara menggunakan Laptop dengan benar. Langkah-langkah disini dijelaskan untuk para pengguna Laptop awam yang baru membeli Laptop. Tujuannya untuk memahamkan serta supaya Laptopnya bisa jadi lebih awet.

Tentunya masih banyak lagi hal-hal yang bisa dilakukan di Laptop. Disini bahkan baru sebagian, jadi misalnya masih ada yang bingung, silakan tanya saja saya melalui kolom komentar dibawah.

Kebetulan saya ini sudah lama memakai Laptop, juga sudah paham software-software hingga komponen-komponen apa saja didalamnya. Jadi nggak perlu ragu ya ^^

Semoga bermanfaat.



Sumber : https://www.leskompi.com/cara-menggunakan-laptop/


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *