APA ITU PROSESOR??!!

Posted by : TOKO ZOOM / On : Rabu,01 Maret 2023 / Comments : 0 / Views : 1325


Prosesor adalah perangkat keras / hardware yang ada pada komputer. Fungsi prosesor mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dengan fungsi melakukan perhitungan dan menjalankan tugas.

 

Jenis Prosesor Apa yang Anda Butuhkan?

AMD dan Intel sampai saat ini masih menjadi pilihan utama para konsumen ketika membeli laptop atau PC. Hal ini pula yang membuat kedua perusahaan ini bersaing untuk memperkenalkan prosesor yang mampu memikat minat konsumen sebanyak mungkin. Alhasil tidak sedikit konsumen yang bingung menentukan mana yang terbaik dari kedua prosesor tersebut apakah AMD atau Intel?

  1.  

Prosesor Intel

Jika prioritas utama Anda adalah performa, maka prosesor – prosesor milik Intel merupakan pilihan yang bagus. Perlu diketahui bahwa beberapa produk gaming unggulan ditenagai dengan prosesor Intel seperti MSI GT 72 Dominator Pro, Dell Precision T7610 dan Palicomp Hydro-780. Namun sebenarnya performa sendiri juga tergantung dari kebutuhan Anda, khususnya untuk gaming. Jika Anda mempertimbangkan kecepatan yang lebih baik, maka AMD dapat menjadi pilihan untuk harga yang lebih terjangkau

Prosesor AMD

Berbicara mengenai performa, laptop AMD lebih cocok digunakan pada komputer desktop bukan laptop. Salah satu keunggulan AMD adalah menawarkan overclock yang lebih baik dengan harga yang lebih terjangkau. Oleh sebab itu, pilihan prosesor AMD menjadi pilihan para konsumen yang menginginkan prosesor mumpuni tetapi memiliki budget yang terbatas. Hal ini terbukti di mana kebanyakan harga prosesor Intel 70 persen lebih mahal daripada prosesor AMD.

Urutan Prosesor AMD Dari yang Terendah Sampai Tertinggi

AMD Athlon

Yang pertama adalah AMD Athlon, kunci yang memungkinkan AMD bersaing dengan Intel dalam komputasi global. Meski bukan prosesor pertama yang dikembangkan oleh AMD, tetapi berkat ketersediaan AMD Athlon, nama AMD menjadi terkenal di kancah dunia komputer.

AMD Athlon sendiri merupakan prosesor yang dikembangkan oleh AMD yang bagus dan cocok untuk digunakan pada komputer kelas menengah hingga kelas atas. Pesaing Athlon sendiri adalah Intel Pentium generasi ke-3, yang merupakan performa terbaik untuk Athlon karena keunikannya. Itu sebabnya sejak saat itu, banyak pengguna komputer beralih ke AMD untuk kebutuhan komputasi modern mereka.

AMD Athlon 64 X-II

Urutan prosesor AMD selanjutnya adalah seri AMD Athlon 64 X-II. Setelah menyelesaikan rilis awal Athlon, AMD terus merilis build 64-bit untuk prosesornya.

Untuk seri prosesor AMD ini, dapat bekerja dengan baik dengan di sebagian besar PC dan komputer dengan sistem operasi versi 32-bit atau 63-bit. Hal terbaik tentang AMD Athlon 64 X-II adalah tersedianya antivirus bawaan.

Terlebih lagi, seri AMD Athlon 64 X-II sangat cocok untuk mereka yang menyukai game ringan dan editing grafis.

AMD Sempron

Selanjutnya adalah AMD Sempron, pesaing kuat Intel Celeron. Kedua jenis prosesor tersebut memiliki keunggulan masing-masing. AMD Sempron sendiri memiliki socket 754 yang mudah ditemukan dan paling banyak digunakan saat ini.

Sayangnya, untuk prosesor seri AMD Sempron hanya tersedia untuk komputer dengan sistem operasi 32-bit. Seketika reputasi AMD Sempron di dunia komputer kalah dengan pendahulunya, Athlon.

 

 

AMD 64 V-II dual-core

Urutan prosesor AMD generasi berikutnya adalah dual-core AMD 64 V-II. Siapapun yang sudah lama berkecimpung di dunia komputasi sebenarnya sudah mengetahui istilah dual-core.

Ketersediaan AMD 64 V-II dual-core memungkinkannya untuk bersaing dengan Intel yang saat itu merilis versi prosesor Core Duo.

AMD 64 V-II Dual Core dapat bekerja dengan baik pada komputer dengan operasi 64-bit atau 32-bit. Tujuan bisnis dari prosesor AMD versi ini adalah agar pengguna menggunakan laptop mereka secara intensif untuk kebutuhan multimedia modern.

AMD Opteron

Selain merancang prosesor untuk kebutuhan komputer pribadi dan laptop. AMD juga membuat prosesor untuk memenuhi kebutuhan server dan desktop yang menuntut spesifikasi tinggi.

Untuk tujuan itu, AMD telah mengembangkan AMD Opteron dengan dua cache: Cache Level 1 dan Cache Level 2. Pada saat yang sama, perbedaan antara setiap versi menyangkut jumlah penggunaannya.

AMD Opteron dirancang khusus dengan mempertimbangkan kebutuhan konsumen, sehingga dapat digunakan dengan komputer yang menjalankan sistem operasi 32-bit atau 64-bit.

AMD Ryzen

Terakhir, ada AMD Ryzen, tipe prosesor AMD paling terkenal yang pernah dibuat. Bagi yang ingin membeli komputer atau laptop dengan spesifikasi tinggi namun dengan harga yang terjangkau, Ryzen adalah pilihan yang tepat.

AMD Ryzen memungkinkan Anda bermain bermain game berat, mengerjakan pekerjaan multitasking dan sebagainya. Karena kualitas ini, AMD Ryzen sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia.

Perlu diingat juga bahwa produsen laptop terkenal juga senang menggunakan AMD Ryzen, mengingat performa yang didesain oleh AMD Ryzen sangat baik, namun tetap bisa menekan biaya produksi (https://www.nooblasto.com/).

 

Urutan Prosesor Intel Dari yang Terendah Sampai Tertinggi

Intel Celeron

Intel Celeron merupakan processor dengan spesifikasi rendah karena target pasarnya adalah laptop yang ekonomis dan untuk pemula. Biasanya laptop dengan processor Intel Celeron digunakan untuk pekerjaan kantoran atau untuk siswa. Karena varian dari produk ini hanya menawarkan 2 atau 4 core dengan kecepatan clock 3.2 GHz.

Intel Pentium

Sama seperti pendahulunya, Intel Pentium memiliki target pasar yang sama. Meskipun begitu, processor ini memiliki performa yang lebih baik daripada Intel Celeron. Intel Pentium menyediakan pilihan variasi 2 atau 4 core dengan kecepatan 3.9 Ghz.

Intel Core i3

Dengan kecepatan mencapai 4.0 GHz, Intel Core i3 memiliki performa yang lebih baik daripada kedua pendahulunya. Maka dari itu, pada laptop atau PC dengan processor Intel Core i3 anda tidak hanya bisa melakukan tugas yang sederhana saja, namun lebih dari itu.

Intel Core i5

Intel Core i5 mmemiliki teknologi yang disebut Turbo Boost yang berfungsi untuk meningkatkan kecepatan kinerja processor. Varian dari processor ini ada 4 hingga 6 core dengan kecepatan 4.3 GHz. Jadi, dapat dipastikan laptop atau PC anda tidak akan lag ketika tengah membuka aplikasi yang berat.

Intel Core i7

Seri lebih baik dari sebelumnya adalah Intel Core i7. Processor ini dilengkapi dengan teknologi Turbo Boost dan juga Hyper Threading. Kecepatan yang ditawarkan dapat mencapai 4.5 GHz.

Intel Core i9

Processor yang tergolong baru ini memiliki kecepatan hingga 4.8 GHz. Performa yang ditawarkan juga lebih tinggi daripada series processor pendahulunya, karena pada Intel Core i9 memiliki teknologi yang disebut Intel Optane.

Intel Core X-Series

Intel Core X-Series merupakan seri processor Intel yang memiliki spesifikasi yang tinggi karena disebut-sebut memiliki speed extream. Dimana processor ini mampu mengolah beberapa data dengan kualitas tinggi dengan mudah. Seperti video 4K, olah foto dan musik, serta gaming tanpa kendala. Selain itu, processor ini juga mendukung teknologi Virtual Reality (https://pantura.inews.id/).

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *