Your Trusted Partner

APA ITU KONEKTIVITAS THUNDERBOLT 4?

Posted by : TOKO ZOOM / On : Jumat,23 September 2022 / Comments : 0 / Views : 255

Apa Itu Thunderbolt 4?

Thunderbolt adalah nama merek antarmuka perangkat keras untuk koneksi periferal eksternal ke dalam komputer. Dikembangkan oleh Intel, bersama-sama dengan Apple Inc.

Pada Awal Februari 2011 Apple Macbook Pro mengeluarkan salah satu produk akhir mereka Bernama Light Peak yang kemudian saat ini dikenal sebagai Thunderbolt

Thunderbolt menggabungkan data dari dua sumber berbeda yaitu PCI Express (PCIe) dan DisplayPort (DP) menjadi dua sinyal serial dan sebagai tambahan menyediakan daya DC, semuanya hanya dalam satu kabel saja.

Berikut adalah tiga fitur paling penting dari teknologi Thunderbolt:

  1. Port Thunderbolt menyediakan bandwidth tinggi untuk menghubungkan perangkat berkecepatan tinggi.
  2. Kabel Thunderbolt membantu memastikan sambungan berkualitas antara perangkat dan PC.
  3. Aksesori Thunderbolt memudahkan perluasan kemampuan PC Anda dengan opsi docking dan perangkat eksternal.

Hingga enam periferal dapat didukung oleh satu konektor melalui berbagai topologi.

Thunderbolt 1 dan 2 menggunakan konektor yang sama dengan Mini DisplayPort (MDP), sedangkan Thunderbolt 3 dan 4 menggunakan kembali konektor USB-C dari USB.

Tiga hal berikut ini adalah fitur paling penting dari teknologi Thunderbolt:

  1. Port Thunderbolt dengan bandwidth tinggi untuk menghubungkan perangkat-perangkat berkecepatan tinggi.
  2. Kabel Thunderbolt untuk memastikan sambungan berkualitas antara PC Anda dan perangkat.
  3. Aksesori Thunderbolt memudahkan perluasan kemampuan PC Anda dengan opsi docking dan perangkat eksternal.

Tiga Manfaat Utama Thunderbolt 4

Meskipun semua port memenuhi tujuan dasar menghubungkan perangkat input/output ke PC, port Thunderbolt 4 memiliki beberapa manfaat signifikan:

  1. Fleksibelitas. Port ini dapat mentransfer data dengan kecepatan tinggi, bersamaan pula dengan menghasilkan sinyal video, serta dapat memberikan daya ke perangkat kompatibel (termasuk mengisi daya laptop ringan), ketiganya secara sekaligus.
  2. Bandwidth. Hingga lima perangkat Thunderbolt dapat terhubung untuk konfigurasi perangkat fleksibel, semuanya itu dilakukan oleh hanya satu port dengan bandwidth dua arah sebesar 40 Gbps (gigabit per detik). Itu berarti banyak data dapat dipindahkan ke dan dari penyimpanan eksternal dengan sangat cepat.
  3. Konektivitas serbaguna. Port Thunderbolt 4 kompatibel dengan banyak standar koneksi, termasuk versi Thunderbolt sebelumnya, USB, DisplayPort, dan PCIe. Port dapat tersambung dengan konektor tipe USB-C standar.

Apa Saja Device Yang Dapat Tersambung Dengan Thunderbolt 4?

  1. Perangkat Thunderbolt. Anda bisa menyambungkan perangkat-perangkat yang memiliki logo Thunderbolt, termasuk yaitu dock, monitor, media penyimpan, serta perangkat perekam video. Perangkat dan kabel generasi sebelumnya Thunderbolt 3 juga kompatibel dengan port Thunderbolt 4, namun perangkat Thunderbolt yang lebih lawas memerlukan adaptor untuk bisa berfungsi.
  2. Monitor eksternal. Miliki beberapa tampilan dengan menyambungkan beberapa layar. Satu port Thunderbolt 4 dapat menghubungkan sampai dua monitor DisplayPort atau HDP 4K 60 Hz melalui dock yang kompatibel atau menggunakan adaptor. Sedangkan monitor khusus Thunderbolt bisa terhubung langsung.
  3. Media penyimpanan. Hubungkan SSD eksternal Anda dengan spesifikasi Thunderbolt berkecepatan tinggi untuk memperluas kapasitas penyimpanan sistem dan pada saat bersamaan mencapai kekuatan yang setara dengan drive internal.
  4. Periferal USB. Hubungkan perangkat-perangkat yang memiliki interface USB seperti mouse, keyboard, kontroler, dan gaming headset.
  5. Perangkat PCI Express (PCIe). Manfaatkan port ekspansi PCIe untuk mengakses perangkat dengan interface PCIe yang kompatibel, seperti perangkat perekam video untuk live-streaming gameplay.
  6. Jaringan. Dengan menghubungkan ke jaringan Ethernet 10 Gigabit kecepatan tinggi lewat adaptor atau menggunakan kabel Thunderbolt Anda dapat membuat dua komputer terhubung satu sama lain melalui jaringan peer-to-peer. Sehingga memungkinkan transfer data volume besar dari satu PC ke PC lainnya.
  7. Mengisi daya. Anda bisa menyambungkan ponsel, PC notebook ringan (yang memerlukan daya charging kurang dari 100W), dan perangkat-perangkat USB kompatibel lain untuk mengisi daya dengan cepat.


Sumber: https://yogyakomtek.net/blog/thunderbolt-4-konektivitas-masa-kini-dan-masa-depan


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *