10 Tombol Rahasia Berfaedah di Keyboard Laptop

Posted by : TOKO ZOOM / On : Jumat,16 Oktober 2020 / Comments : 0 / Views : 4860

Normalnya, atau bagi mereka yang baru belajar menggunakan laptop, kerap menggunakan cara normatif (cara biasa) untuk mengakses sesuatu pekerjaan di dalamnya. 

Cara yang digunakan relatif lebih membutuhkan waktu yang lama dibanding dengan mengakses melalui tombol rahasia (shortcut) yang telah disediakan oleh windows. Walaupun tombol-tombol tersebut jumlahnya sangat banyak, saya akan coba membagikan 10 tombol rahasia tingkat lanjut yang mendukung kerja profesional para pembaca sekalian. 

1. Logo Windows + L

Kadang, jika rekan kerja kita sedang iseng, laptop kita pun bisa jadi sasaran empuk untuk diutak-atik atau dikepoin. Saat kita ingin ke belakang untuk buang air kecil atau sekedar minum kopi, ada baiknya kita langsung menekan tombol logo windows dengan tombol L. Secara otomatis layar laptop kita akan terkunci. 

Layar bisa kembali jika kita memasukkan password sesuai yang telah kita atur. Nah, bagaimana jika sobat belum mengatur password buat laptop. Gampang sekali, klik control panel, pada bagian user account and family safety, klik add or remove user account, create a new account, masukan nama yang diinginkan, dan klik standart user, lalu klik create account. Setelah akun terbentuk, maka kita bisa langsung mengatur password yang diinginkan.

2. Logo Windows + E

Mereka yang pemula biasanya jika ingin mencari dokumen atau file, mereka akan segera mencari tulisan start kemudian "my computer", sementara kita sebagai insan profesional bisa saja langsung menekan logo Windows bersama dengan tombol E. Maka layar laptop akan menampilkan menu windows explorer yang mengantarkan sobat untuk menemukan file lebih cepat.

3. Ctrl + Alt + Del

Kombinasi ketiga tombol ini layaknya keajaiban ketika laptop kita lag atau hang, misalnya karena membuka banyak aplikasi dalam satu waktu. Saat laptop kita sudah mulai stagnan atau muncul keterangan not responding, langsung saja tekan ketiga tombol tersebut bersamaan. Maka akan muncul pilihan Start Task Manager. Sebenarnya kotak dialog yang muncul menampilkan pilihan yang lain juga seperti : Lock This Computer, Switch User, Log Off, dan Change Password. 

Namun kita hanya perlu menekan Start Task Manager saat kondisi darurat seperti diatas. Setelah kotak dialog Task Manager muncul, maka kita arahkan kursor ke tab applications. 

Pada tab tersebut akan terlihat semua aplikasi yang sedang aktif, yang sedang kita buka bersamaan. Kita bisa langsung memilih aplikasi yang ingin kita tutup secara paksa. Setelah memilih kita tinggal klik End Task. Seketika kita akan terbebas dari aplikasi penyebab lemot.

4. Alt + F4

Jika Ctrl + Alt + Del tadi cenderung untuk menutup paksa sebuah aplikasi yang berjalan dan berada pada kondisi hang, maka Alt + F4 adalah tombol rahasia untuk menutup aplikasi yang sedang berjalan normal. 

Tentu saja jika pekerjaan kita pada aplikasi itu  belum disave, maka saat menutup dengan Alt + F4 maka kita akan ditanyakan dulu sama si windows apakah akan disave dulu atau tidak nih pekerjaannya sebelum ditutup. Jika semua aplikasi sudah tertutup, maka menekan Alt + F4 akan berguna juga untuk mematikan laptop (dengan pilihan shutdown, restart, ataupun sekedar sleep dan hibernate).

5. Logo Windows + D

Ketika serius bekerja di depan laptop, atau sedang asik bermain games, kita kadang tidak menyadari kedatangan tamu penting atau pun seseorang yang mungkin kita tidak ingin dia tahu tentang apa yang sedang kita lakukan di depan laptop. Tenang, jangan gugup. Sepersekian detik sebelum dia sampai ke meja kita, dijamin rahasia kita tetap terjaga dengan kelincahan tangan kita untuk menekan Logo Windows + Tombol D. Dengan menekan gabungan dari kedua tombol tersebut, pekerjaan apa pun yang sedang dilakukan akan berubah menjadi tampilan dekstop depan, sehingga dengan cepat bisa menyembunyikan rahasia pekerjaan kita.

6. Prt Sc

Bersyukurlah karena kita punya tombol spesial yang biasanya ada di pojok kanan atas laptop yang betuliskan Prt Sc atau singkatan dari Print Screen. Fitur yang sifatnya sama dengan screenshot yang ada di layar smartphone kita.  Tampilan apa pun yang sedang aktif di layar laptop dan kita ingin menyimpannya sebagai gambar atau menyisipkan pada dokumen ketikan seperti word dan presentasi, tinggal tekan saja tombol Print Screen tersebut dan sobat tinggal pastekan (Ctrl + V) di aplikasi yang diinginkan. 

7. Logo Windows + R dan Lalu Ketik "OSK"

Kita mungkin pernah mengalami kerusakan pada salah satu tombol laptop. Atau gangguan lain pada keyboard laptop yang membuat salah satu atau lebih tombol tidak bisa merespon saat ditekan. 

Maka gabungan tombol rahasia ini bisa jadi salah satu solusi sementara. Ketikkan Logo Windows bersamaan dengan tombol R. Setelah muncul kotak dialog RUN, kita ketikkan saja "OSK", lalu tekan enter. Di layar laptop kita akan muncul Keyboard Virtual yang sangat berguna untuk menggantikan papan tombol kita yang sedang mengalami gangguan.

8. Alt + Tab

Jika kita sedang membuka beberapa aplikasi di laptop, dapat dengan mudah beralih dari satu aplikasi ke aplikasi lain dengan cara tekan dan tahan tombol ALT, kemudian diikuti oleh tombol tab. Maka beralih ke halaman aplikasi lain sangat cepat dan menghemat waktu. 

9. Logo Windows diikuti dengan tanda + atau --

Jika tulisan yang sedang tampil di layar laptop kita terlalu kecil sehingga kurang jelas untuk dibaca, maka dengan menekan dan tahan tombol Logo Windows diikuti dengan tombol + maka di layar kita akan muncul kaca pembesar yang akan meningkatkan ukuran layar mengikuti pointer yang kita arahkan. 

Ukuran layar yang diperbesar bisa dipilih sesuai keinginan. Jika ingin mengecilkan cukup tekan tahan logo windows diikuti oleh tombol - , sehingga tulisan di layar akan lebih kecil tampilannya.

10. Fn + F2

Gabungan dua tombol ini bisa berfungsi untuk rename (ganti nama) folder atau pun file yang kita inginkan. Kita tinggal sorot folder atau pun file yang ingin diganti namanya, lalu tekan Fn+F2, maka folder atau file yang disorot tadi tinggal diketikkan saja nama baru yang ingin diberikan. Sehingga sangat efektif, karena mengurangi penggunaan klik kanan. 

Sekian saja dulu tulisan saya tentang kumpulan tombol rahasia yang ada di Laptop atau pun PC Windows kita, semoga ada manfaatnya.

Sumber : https://www.kompasiana.com/adromeda888/5ec3027d097f36529a223674/10-tombol-rahasia-berfaedah-di-keyboard-laptop?page=1


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *