Your Trusted Partner

Cari Monitor Untuk Gaming? Perhatikan Dulu Beberapa Faktor Penting Berikut Ini!!

Posted by : TOKO ZOOM / On : Selasa,12 Juli 2022 / Comments : 0 / Views : 155

Spesifikasi monitor gaming dan komponen komputer lainnya memerlukan banyak faktor untuk dipertimbangkan. Hal ini membuat kita jadi bimbang menentukan mana jenis komponen yang tepat untuk digunakan main game sehari-hari?. Seorang gamers biasanya lebih update terhadap perkembangan teknologi komputer dan komponen pendukungnya termasuk juga monitor. Namun, tetap saja terkadang kita masih bingung dalam menentukan jenis monitor yang tepat untuk kita gunakan dengan gaya bermain kita masing-masing. Berikut ini adalah panduan untuk Anda dalam memahami faktor-faktor penting apa saja sih yang kita butuhkan sebelum membeli monitor untuk gaming.

 

Sebuah komputer adalah sebuah kesatuan komponen yang terkadang akan dibatasi oleh salah satu komponennya yang bekerja cukup lambat. Jika Anda memiliki kartu grafis terbaik di dunia tetapi monitor yang Anda gunakan lambat serta mempunyai warna yang buruk, maka pengalaman bermain game Anda tetap tidak akan menyenangkan. Di sisi lain, jika Anda memiliki tampilan layar monitor yang luar biasa tetapi dipasangkan dengan kartu grafis yang kuno, Anda tidak akan mendapatkan performa terbaik. Pastikan dulu seluruh rangkaian komputer gaming Anda sebelum Anda mengeluarkan dana yang lebih besar. Monitor biasanya akan bertahan lebih lama daripada kartu grafis Anda. Jadi, merogoh kocek lebih dalam untuk mendapatkan fitur yang bisa digunakan dalam jangka panjang tentu akan memiliki nilai investasi menguntungkan untuk pengalaman bermain game Anda.

 

 



 

Ada beberapa fitur pada monitor yang bisa menjadi pertimbangan Anda dalam menentukan monitor ideal:

  • Resolution
  • Screen Size
  • Refresh Rate
  • Response Time
  • G-Sync/FreeSync
  • HDR
  • Color Gamut
  • Inputs/Outputs
  • Panel Type

Resolution and Screen Size

Kami menyatukan analisis resolution and screen size karena keduanya saling berkaitan. Tergantung pada ukuran meja Anda, keputusan Anda untuk ukuran layar mungkin sudah ditentukan tetapi perkiraan ukuran umumnya sekitar 24 - 32". Untuk resolusi, monitor gaming biasanya memiliki rentang dari Full HD hingga 4K. Monitor yang memiliki ukuran lebih besar akan lebih jelas, sementara resolusi yang lebih tinggi memberikan gambar yang lebih tajam dan lebih detail.


Ukuran layar kemungkinan akan menentukan resolusi Anda. Jika Anda membutuhkan atau menginginkan ukuran yang lebih kecil, layar Full HD 24" akan sangat cocok untuk Anda. Monitor untuk kelas menengah dan kemungkinan rekomendasi bagi kebanyakan orang adalah monitor 27" dengan dimensi 2560 x 1440, juga dikenal sebagai 1440p atau QHD. Kemudian rekomendasi monitor kelas premium adalah 32" dengan resolusi 4K. Tentu ada opsi lain yang bisa jadi pilihan, seperti layar 4K 27" dan layar QHD 32" dan pilihan lain di luar ukuran dan resolusi dari aspek rasio ini.


 

Ketika ingin bermain game, banyak yang mengatakan bahwa layar monitor 27" dengan dimensi 1440p adalah yang terbaik karena berbagai alasan, seperti beberapa poin berikut ini:

  • Ukuran 27" cocok untuk sebagian besar konfigurasi
  • 1440p lebih tajam dari Full HD dan mengurangi beban grafis dibandingkan 4K
  • 1440p mampu mencapai kecepatan refresh yang lebih tinggi

Secara teknis, keunggulan ini menjadi lebih baik jika Anda beralih ke layar Full HD 24", tetapi sepertinya layar ekstra dari 27" lebih sepadan. Jika Anda pindah ke layar 4K, Anda harus memikirkan proses ekstra yang diperlukan untuk menyalakan monitornya. Semua piksel ekstra perlu dirender dan dapat menghambat sistem apa pun ketika dioperasikan. Terkadang, lebih banyak piksel bukan berarti lebih baik.


Ketika ingin melakukan upgrade pada monitor, beberapa pilihan lain juga ada pada monitor ultra-lebar dan melengkung, layar atau TV yang lebih besar (tidak disarankan kecuali Anda memiliki alasan yang sesuai). Monitor ultra-lebar mengenalkan komplikasi potensial lainnya, karena monitor ini menggunakan resolusi yang kurang konvensional dan pada gilirannya dapat menghasilkan kecepatan refresh yang lebih rendah serta waktu respon yang lebih lama. Anda tidak terbatas pada jenis tampilan ini. 

 

Setup untuk layar melengkung dan layar ganda:

  • Jika Anda menginginkan tampilan yang lebih besar, layar melengkung sangat cocok untuk pengalaman bermain.
  • Layar melengkung memiliki resolusi yang tidak biasa dan tidak semua game mendukung bidang pandang yang luas.
  • Tampilan melengkung tidak memiliki pembatas
  • Setting layar ganda memiliki pembatas diantaranya yang merupakan masalah besar ketika bermain game.

Refresh Rate dan Response Time

Saat Anda mencari monitor gaming, Anda pasti ingin memeriksa kecepatan refresh yang diukur dalam hertz (Hz). Angka ini memberikan informasi berapa kali monitor akan menyegarkan layar setiap detiknya. Angka yang lebih tinggi lebih baik. Tampilan dasar layar dan televisi biasanya mencapai sekitar 30 Hz dengan beberapa naik hingga 60 Hz. Ketika bermain game, 60 Hz direkomendasikan sebagai setelan minimum.

Jika Anda menginginkan penjelasan dunia nyata, kecepatan refresh yang lebih tinggi menguntungkan para gamer dengan memastikan apa yang Anda lihat di layar sesuai dengan apa yang terjadi di komputer. Pikirkan seperti ini: Jika seseorang berlari di depan Anda dalam game dengan kecepatan refresh rendah 30 Hz, gambar pada layar mungkin tidak menunjukkan kepada Anda secara presisi gambar yang sebenarnya. Keadaan ini mungkin tampak seperti perbedaan waktu yang sangat singkat, tetapi game membutuhkan presisi luar biasa untuk membuat proses input Anda dan waktu respons manusia mengenali perbedaannya.



Meski 60 Hz dianggap minimum, tetapi ada banyak layar 144 Hz sekarang di pasaran. Refresh ini sangat direkomendasikan untuk game serius. Anda dapat membedakan antara 60 dan 144 Hz, dan perbedaan ini dapat membantu Anda meningkatkan waktu respon Anda sendiri. Bahkan ada monitor 240 Hz jika Anda ingin memiliki fitur yang lebih tinggi, meskipun masih harus dilihat apakah ada manfaat untuk gamers rata-rata.

Catatan:

  • Kecepatan refresh yang lebih tinggi lebih baik.
  • Tingkat refresh 60 Hz minimum, tetapi 144 Hz akan meningkatkan kinerja.
  • Refresh di angka 240 Hz bagus tetapi tidak mungkin memberikan peningkatan kinerja yang sebesar pengingkatan pada tingkat 60-144 Hz.
  • Anda memerlukan grafik yang cukup kuat untuk menjalankan game pada kecepatan refresh ini agar mendapatkan manfaat penuh dari monitor cepat.



Spesifikasi terkait waktu lainnya adalah waktu respon. Hal ini mengacu pada berapa lama waktu yang dibutuhkan setiap piksel untuk berubah dari satu pengaturan ke pengaturan berikutnya. Ini biasanya diukur dalam milidetik (ms) dari satu warna abu-abu ke warna abu-abu lainnya (GtG). Untuk game, Anda mencari sub 5 ms tetapi turun ke 2 ms atau bahkan 1 ms lebih direkomendasikan.

Waktu respon penting karena selama gerakan cepat, waktu respons yang lebih lambat dapat menyebabkan gerakan kabur atau berbayang, karena monitor tidak mengikuti permainan. Anda menginginkan gambar yang bagus dan tajam setiap saat, dan kecepatan refresh yang tinggi dikombinasikan dengan waktu respon yang cepat untuk melakukannya.

Hal-hal yang perlu diingat untuk waktu respons:

  • Pertahankan waktu respon pada 5 ms atau lebih cepat.
  • 1 ms adalah opsi yang umum disarankan.
  • Waktu respon yang cepat meminimalkan gerakan kabur dan bayangan.

Adaptive Sync / Variable Refresh Rate

Jika Anda pernah melihat tolok ukur kecepatan frame untuk game dan komputer game, kemungkinan besar Anda akan melihat frekuensi gambar berfluktuasi tergantung pada tindakan di layar. Dengan aksi minimal, kecepatan frame meningkat sementara dalam aksi tinggi, kecepatan frame bisa turun drastis. Tanpa bantuan teknologi pintar, hal ini dapat mengakibatkan robeknya layar.



Sobek layar adalah saat monitor menampilkan bagian dari satu frame dan frame berikutnya secara bersamaan. Anda pasti akan melihatnya, karena gambar terlihat terbelah di mana sinkronisasi rusak. Hal ini terjadi karena tampilannya diatur untuk berjalan pada kecepatan refresh yang ditetapkan, dan mereka tidak selalu tahu apa yang harus dilakukan ketika data bingkai yang mereka terima tidak sesuai dengan pengaturan yang mereka program.

Salah satu opsinya adalah VSync, yang sederhana karena memberi tahu monitor untuk menunggu seluruh frame berikutnya sebelum beralih. Ini bukan solusi sempurna karena dapat menyebabkan kelambatan, yang sangat buruk untuk bermain game.

AMD dan NVIDIA telah mengembangkan sinkronisasi adaptif, atau solusi kecepatan refresh variabel, untuk membantu monitor mempertahankan pemutaran yang lancar bahkan ketika kartu grafis mengeluarkan kecepatan bingkai non-standar. AMD memiliki FreeSync sedangkan NVIDIA memiliki G-Sync. Keduanya melakukan pekerjaan yang baik untuk menghilangkan robekan tetapi membutuhkan perangkat keras yang kompatibel untuk melakukannya.

FreeSync AMD lebih banyak tersedia dan lebih murah untuk diterapkan, artinya Anda akan sering menemukannya di monitor yang lebih terjangkau. G-Sync NVIDIA, di sisi lain, memerlukan sertifikasi dan melalui kontrol kualitas untuk menjamin kinerja dan biasanya menghasilkan tampilan premium. Anda mungkin harus memilih berdasarkan kartu grafis Anda. Jika Anda memiliki kartu AMD, dapatkan monitor FreeSync. Jika Anda memiliki NVIDIA, dapatkan G-Sync.

Apakah yang satu lebih baik dari yang lain? Nah, Anda bisa berargumen bahwa G-Sync secara teknis lebih baik karena memiliki sertifikasi tambahan dan jaminan kinerja dibandingkan dengan FreeSync terbuka yang memungkinkan ketidakkonsistenan dari monitor ke monitor. Namun, tampilan G-Sync lebih mahal.

Takeaways:

  • NVIDIA G-Sync dan AMD FreeSync membantu memperbaiki robekan layar dengan teknologi sinkronisasi adaptif.
  • Robekan layar terjadi ketika kecepatan bingkai tidak sesuai dengan kecepatan refresh monitor, menyebabkan dua bingkai dimuat di atas satu sama lain.
  • Monitor G-Sync memerlukan GPU NVIDIA dan lebih mahal, tetapi bisa lebih andal.
  • Monitor FreeSync memerlukan GPU AMD dan harganya terjangkau, tetapi dapat memiliki perbedaan besar dari satu tampilan ke tampilan lainnya.
  • Sinkronisasi adaptif, atau kecepatan refresh variabel, sangat bagus untuk bermain game.

HDR

Banyak orang berpikir bahwa lebih banyak resolusi adalah langkah terbaik untuk kualitas yang lebih baik. Saya berpendapat bahwa Rentang Dinamis Tinggi, atau HDR, akan membuat perbedaan yang lebih besar pada kualitas gambar Anda daripada resolusi yang lebih besar. Pop ekstra dan warna yang lebih hidup yang tersedia dalam citra HDR mewakili lompatan besar dibandingkan dengan sistem tampilan yang lebih lama. Jika Anda belum melihat tampilan HDR, Anda benar-benar ketinggalan.

HDR pada monitor komputer agak tidak biasa, masih. True HDR membutuhkan kecerahan maksimum dan kecerahan minimum tertentu untuk menjamin rentang dinamis yang dijanjikan, tetapi banyak layar terjangkau tidak dapat mencapai target ini. Itu telah menyebabkan pengenalan standar DisplayHDR dengan kecerahan maksimum alternatif. Jika Anda berbelanja, DisplayHDR 400 atau lebih tinggi kemungkinan merupakan pembelian yang wajar dan akan memberikan gambar Anda nuansa yang lebih hidup.



Anda harus memastikan OS, kartu grafis, dan monitor Anda semua mendukung HDR agar berfungsi. Dan kemudian, setiap game harus memiliki dukungannya sendiri untuk formatnya. Hati-hati dengan ini, tetapi sangat disarankan karena dengan cepat menjadi fitur yang lebih standar.

Yang harus Anda ketahui:

  • Tampilan High Dynamic Range (HDR) menawarkan kontras yang lebih besar dengan sorotan yang lebih cerah dan bayangan yang lebih dalam sambil tetap mempertahankan detail di masing-masing tampilan. Juga, mereka mendukung warna yang lebih hidup.
  • HDR memerlukan saluran pencitraan yang kompatibel, termasuk sistem operasi, kartu grafis, tampilan, dan game, agar berfungsi dengan baik.
  • HDR memiliki banyak standar, jadi pastikan Anda memiliki opsi yang didukung, seperti HDR10. Memiliki monitor yang dinilai dengan standar DisplayHDR juga membantu di sini.
  • HDR sangat direkomendasikan karena semakin populer.

Color Gamut 

Ini adalah salah satu yang kasar. Saya tidak ingin terlalu terlibat di sini—saya sudah menulis artikel tentang gamut warna. Jadi, saya akan mengatakan bahwa minimal, Anda akan menginginkan sesuatu dengan cakupan hampir 100% sRGB. Ini adalah dasar yang solid dan akan memberikan warna yang bagus yang tidak akan dikeluhkan oleh siapa pun.

Jika Anda ingin menggunakannya untuk mengedit video, atau menonton film dalam HDR, atau hanya menginginkan yang terbaik, Anda akan ingin melihat cakupan ruang warna Adobe RGB dan Rec.2020 yang baik.

Kesimpulan:

Cari cakupan sRGB minimum ~100%.



Input / Ouput

Yang ini seharusnya tampak relatif mudah; untungnya, komputer memiliki begitu banyak standar! Ini bagus dalam hal ini, karena kita tampaknya bergerak menuju beberapa standar spesifik yang secara objektif lebih baik saat ini. Itu adalah DisplayPort, HDMI, dan USB Type C/Thunderbolt™ 3. Yang rumit adalah masing-masing memiliki beberapa versi, dan yang terbaru adalah yang Anda inginkan.

Dimulai dengan input monitor paling populer, kami memiliki HDMI dan DisplayPort. Hampir semua orang telah melihat HDMI—ada di mana-mana akhir-akhir ini—meskipun DisplayPort adalah tetangga yang sangat dekat. Secara historis, DisplayPort lebih efisien karena memberikan kecepatan refresh dan resolusi yang lebih baik. Versi terbaru HDMI telah menyusul, meskipun DisplayPort memang memiliki keunggulan dengan konektor penguncinya untuk mencegah pemutusan sambungan yang tidak disengaja. Bagaimanapun, kebanyakan monitor datang dengan keduanya.

Apa yang mungkin Anda temukan hari ini adalah DisplayPort 1.4 dan HDMI 2.0. Keduanya dapat diandalkan dan memiliki throughput yang cukup untuk resolusi tinggi 4K dan kecepatan refresh 60 Hz, atau bahkan lebih, jika Anda menggunakan resolusi yang lebih rendah. Di masa mendatang, kita akan mulai melihat DisplayPort 2.0 dan HDMI 2.1, yang menghadirkan resolusi dan kecepatan bingkai yang lebih tinggi, seperti citra 4K pada 120 Hz atau bahkan 8K. Hari ini, Anda akan baik-baik saja dengan HDMI 2.0 dan DisplayPort 1.4, yang merupakan koneksi yang disarankan.



Alternatif baru adalah USB Type-C/Thunderbolt™ 3. Secara teknis, ini adalah koneksi yang berbeda, tetapi terlihat sama. Menggunakan adaptor, keduanya pada dasarnya dapat mengirimkan format yang sama seperti DisplayPort dan HDMI. Dengan komputer yang tepat, Anda dapat menggunakan USB dan/atau Thunderbolt™ untuk mengirimkan data, video, dan daya menggunakan satu kabel.

Pertimbangan lain adalah hal-hal seperti output audio, port USB untuk penggunaan umum, dan berapa banyak koneksi yang dimilikinya. Jika Anda hanya berencana menggunakan monitor dengan satu komputer, kemungkinan Anda tidak akan terlalu khawatir. Tetapi jika Anda ingin satu layar untuk menghubungkan desktop, laptop sesekali, dan kemudian memiliki konsol game di samping, Anda harus berpikir ke depan di sini.

Apa yang perlu diketahui:

 

  • HDMI dan DisplayPort adalah standar umum dan taruhan aman.
  • HDMI 2.0 saat ini dan solid, tetapi 2.1 adalah yang terbaik jika Anda ingin tahan masa depan.
  • DisplayPort 1.4 saat ini, tetapi 2.0 akan segera hadir dan akan membantu Anda untuk membuktikannya di masa depan.
  • USB Type-C dan Thunderbolt™ dapat menawarkan dukungan untuk DisplayPort dan HDMI melalui adaptor.
  • Pikirkan tentang berapa banyak koneksi yang Anda butuhkan.
  • Jangan lupa koneksi USB dan audio.
  • Kabel penting di sini; Anda memerlukan kabel yang kompatibel agar sesuai dengan versi konektor yang Anda miliki.

Panel Type

Sejujurnya, beberapa orang akan sangat menekankan pada jenis panel, tetapi selama Anda mencapai spesifikasi lain yang Anda inginkan/butuhkan, Anda tidak perlu terlalu peduli. Berikut ringkasannya.



  • Panel IPS (In-Plane Switching) umumnya menawarkan reproduksi warna yang baik dengan kontras yang solid dan waktu respons yang cepat, tetapi bisa menjadi mahal untuk fitur-fitur canggih.
  • Panel TN (Twisted Nematic) memiliki harga yang lebih baik untuk waktu respons dan kecepatan refresh yang lebih cepat, tetapi tidak sebagus rendering warna dan sudut pandang.
  • Panel VA (Penyelarasan Vertikal) menawarkan kontras yang luar biasa, tetapi sering kali kalah dalam performa kritis game dibandingkan dengan TN dan IPS dan sangat tidak disarankan.

Anda kemungkinan besar akan didorong ke satu atau yang lain, berdasarkan kebutuhan dan anggaran Anda sendiri. Tidak ada masalah dengan salah satunya, meskipun jika Anda memutuskan di antara dua jenis panel yang berbeda, maka Anda pasti ingin tahu mana yang Anda sukai secara pribadi—dan saat itulah Anda harus mengetahui hal di atas.

Ini harus menjadi panduan yang solid untuk membantu Anda beralih dari tidak tahu apa-apa tentang monitor game hingga menemukan yang paling cocok untuk Anda. Jika Anda ingin bantuan lebih lanjut atau rekomendasi spesifik, silakan hubungi tim penjualan kami atau mampir ke bagian Komentar, di bawah ini.

Itulah beberapa faktor penting yang dapat menjadi pertimbangan bagi Anda sebelum memilih monitor yang tepat bagi kebutuhan bermain game Anda sehari-hari.

Sumber:

https://www.bhphotovideo.com/explora/computers/buying-guide/buying-gaming-monitor-what-you-need-know

https://www.intel.co.id/content/www/id/id/gaming/resources/everything-you-need-to-know-about-gaming-monitors.html