Your Trusted Partner

Apa Saja Perbedaan RAM DDR1, DDR2, DDR3, DDR4, DDR5, DDR6

Posted by : TOKO ZOOM / On : Rabu,13 Juli 2022 / Comments : 0 / Views : 253

RAM (Random Access Memory) adalah perangkat keras yang ada di dalam komputer sebagai tempat penyimpanan sementara komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap dengan letak data yang tidak berurutan atau acak.


Random Access Memory dalam arti bahasa Indonesia yaitu memori akses acak, maksudnya secara fungsi, data yang berada di RAM dapat diproses oleh CPU secara acak tidak harus berurutan. Semua data yang tersimpan di RAM bersifat sementara jadi akan hilang ketika komputer dimatikan.


RAM itu bisa dibayangkan seperti sebuah ruang yang berada di antara hardisk dan CPU. Ketika ada program yang dijalankan maka semua file pada hardisk akan melewati RAM dahulu sebelum diproses oleh CPU.


Jenis RAM yang sekarang banyak digunakan yaitu jenis DDR (Doble Data Rate). Kemampuan DDR RAM secara umum hanya digunakan untuk komputer biasa, untuk jenis komputer dengan kebutuhan tinggi seperti server besar akan menggunakan RAM dengan QDR (Quad-Data-Rate) atau generasi selanjutnya.


DDR RAM adalah sebuah nama dari sebuah proses dimana bus komputer mentransfer instruksi data 2x dalam satu siklus Clock dimana bus tersebut terletak didalam RAM.


Sedangkan kode DDR1,2,3,4 pada RAM adalah jenis generasi yang memiliki perbedaan dan fungsi tersendiri. Jadi Semakin tinggi jenis DDR maka kecepatan proses transfer data juga lebih bagus. DDR VGA.


Sedangkan angka pada DDR RAM yang tertera seperti DDR, DDR2, DDR3, dan DDR4 memiliki arti generasi DDR ke berapa. Saat ini generasi DDR RAM tertinggi yang banyak digunakan sudah masuk ke DDR4, walaupun faktanya RAM DDR3 lebih banyak diminati.


Perbedaan, Fungsi, dan Jenis DDR RAM

Sebenarnya sangat banyak sekali jenis RAM yang ada di dunia, tapi karena saat ini RAM tipe DDR lebih disukai dan banyak dipakai, maka perkembangan generasi DDR juga lebih cepat.


  1. DDR RAM atau RAM DDR1


Munculnya RAM jenis DDR yaitu sekitar tahun 1995-1996 dan akhirnya diterima pasar secara sempurna pada akhir tahun 2000. Adanya rancangan RAM DDR berdasarkan pada kebutuhan data yang luar biasa besar. Karena Kemampuan SDR (Single-Data-Rate) dirasa sudah tidak mampu untuk menyesuaikan dengan kebutuhan data akhirnya dirancanglah Double Data Rate yang 2x lebih cepat.


RAM DDR1 memiliki kecepatan transfer data antara 200MT/s - 400 MT/s dan memiliki kecepatan Bus Clock berkisar antara 100MHz-200MHz.



  1. RAM DDR2 


Tuntutan perkembangan kemampuan RAM pastinya harus bisa mengimbangi kecepatan proses dari CPU. Karena itu dikembangkanlah DDR2 dengan transfer dan clock speed yang lebih tinggi. DDR2 mampu diterima pasar dengan baik dan menjadi standar kualitas pada sekitar tahun 2004-2008. Saat itu prosesor sudah masuk ke era Pentium. Komponen Komputer.


Kecepatan transfer RAM DDR2 berkisar antara 400-1066MT/s dan Clock Speed di rentang 200-533MHz. Pada generasi DDR2 ukuran tiap keping RAM sudah berkapasitas 1GB-2GB. Konsumsi daya relatif lebih kecil hanya 1.8v saja.

  1. RAM DDR3


Generasi DDR ke 3 bisa dikatakan cukup lama menduduki tahta pasaran karena mulai muncul di tahun 2009 dan ditahun 2019 juga masih ada yang menggunakannya. Ciri ciri RAM Rusak. Ukuran perkeping DDR generasi ke 3 sudah mencapai 8GB pada tiap kepingnya. Kecepatan transfer rate nya sudah cukup tinggi antara 800-2133MT/s dan Clock Speed nya mencapai 400-1066MHz.


Kecepatan Clock dan transfer rate pada generasi ke 3 jauh lebih baik daripada generasi ke 2. Perbandingannya bisa mencapai 10X dari proses generasi ke2.


Prosesor yang banyak menggunakan RAM DDR3 mulai pada seri CORE i dan sekelasnya. Konsumsi daya hanya membutuhkan 1.5v saja. Merk RAM Komputer Terbaik.


Selain itu terdapat seri baru pada DDR3 yaitu DDR3L yang membutuhkan daya voltase lebih rendah hanya 1.3v khusus untuk laptop-laptop yang tipis agar tidak mudah panas.


  1. RAM DDR4


Generasi RAM DDR4 mulai ramai dipasaran sekitar tahun 2013-2015. DDR4 sudah mendukung kecepatan transfer rate antara 2133-4266MT/s dan Clock Speed 1066 - sampai 2133MHz. Merupakan generasi RAM terbaik di tahun 2018-2019, tapi karena jenis terbaik artinya harganya pun sebanding mahalnya.


RAM DDR4 juga banyak dikenal user sebagai DDR4 SDRAM yang memiliki memori clock serta memori bus tinggi tapi dengan konsumsi daya rendah hanya 1.05v saja.


Perlu diketahui saat ini tidak semua perangkat CPU bisa menerima DDR4, hanya beberapa seri Prosesor Tinggi saja yang bisa menggunakan generasi RAM tersebut.

  1. RAM DDR5 dan RAM DDR6


Samsung jadi salah satu perusahaan yang paling sering memunculkan teknologi terbaru dari RAM jenis DDR ini. Setelah meluncurkan RAM DDR5 kali ini Samsung juga meluncurkan RAM DDR6 tidak lama setelah meluncurkan RAM DDR5. VGA DDR5 masih menjadi jenis VGA terbaik karena kecepatannya yang tinggi antara mencapai 3600MHz sampai dengan 4000MHz (4GHz). Kalau kamu cukup dari sisi pendanaan, lebih baik beli vga jenis ini. Sekarang sudah muncul VGA DDR6 dengan kecepatan luar biasa, Boost Clock sampai 1800 MHz dan yang keren Memory Clock Speed bisa sampai 14 Gbps. Hampir 3x lebih cepat dari DDR 5.






Sumber:

https://www.teknoblas.com/2018/09/fungsi-dan-perbedaan-ddr-vga.html

https://www.teknoblas.com/2019/10/pengertian-perbedaan-fungsi-ddr-ram.html

https://situsilmu.com/perbedaan-ram-ddr1-ddr2-ddr3-ddr4-ddr5/



0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *